BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.1 (2013)
Judul : KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MALANG TAHUN AJARAN 2012/2013
Penulis : BAYU GUSTI ANTRI HARIYONO
Sumadi
Moch. Syahri
Abstrak :

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks pidato siswa dari aspek isi dan kebahasaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penugasan menulis teks pidato. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap persiapan tabulasi dan penilaian. Hasil penelitian ini meliputi (1) siswa mampu menulis teks pidato berdasarkan aspek kelengkapan struktur teks pidato (2) siswa belum mampu menulis teks pidato berdasarkan aspek ketepatan penggunaan ejaan dan tanda baca (3) siswa mampu menulis teks pidato berdasarkan aspek ketepatan diksi (4) siswa belum mampu menulis teks pidato berdasarkan aspek keefektifan kalimat dan (5) siswa belum mampu menulis teks pidato secara utuh. 


The purpose of research is to describe student writing speech text ability from content and language aspect. This research use quantitative phenomenological. Aggregation data technique of research is giving an assignment to write speech text. The analysis data began from preparations tabulation and assessment. The result of this research is (1) student be able to write speech text based on structure of speech text comprehensive (2) student unable to write speech text based on spelling and punctuation accuration aspect (3) student be able to write speech text based on diction accuration aspect (4) student unable to write speech text based on effectively sentence aspect (5) student unable to write speech text completely.  writing ability speech text writing lesson

Kata Kunci : kemampuan menulis; teks pidato; pembelajaran menulis; writing ability; speech text; writing lesson;
Full Text :

Kembali