BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.1 (2012)
Judul : PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN BERPIKIR KRITIS MELALUI MEMBACA UNTUK SISWA SD/MI
Penulis : YENI RATNA PRASASTI
SUYONO
IMAM AGUS BASUKI
Abstrak :

ABSTRACT: The main objective of this research is to produce instruments of assessment of critical thinking through reading for elementary school. The particular objective was to determine (1) construct validity (2) reliability (3) practicality and (3) the legibility of the product. Research design used is the development of procedural methods. In terms of construct validity the assessment instrument was developed based on aspects of critical thinking skills. reliability of products related to instruction and assessment rubrics. Practicality of products related to the ease of use of the product. Furthermore the readability assessment instrument relating to the use of languaget.

ABSTRAK: Tujuan utama penelitian ini adalah menghasilkan instrumen asesmen
berpikir kritis melalui membaca untuk siswa SD/MI. Adapun tujuan khususnya adalah mengetahui (1) validitas konstruk (2) reliabilitas (3) kepraktisan dan (3) keterbacaan produk. Desain yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan metode prosedural. Dari segi validitas konstruk instrumen asesmen dikembangkan berdasarkan aspek kemampuan berpikir kritis. Reliabilitas produk berkaitan dengan keajegan petunjuk dan rubrik penilaian. Kepraktisan produk berkaitan dengan kemudahan penggunaan produk. Selanjutnya keterbacaan produk berkaitan dengan penggunaan bahasa.

Kata Kunci : Kata kunci: berpikir kritis instrumen asesmen membaca; Key words: critical thinking assessment instruments reading
Full Text :

Kembali