BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.1 (2012)
Judul : Kata Kunci: menulis wacana narasi strategi contoh dan noncontoh
Penulis : SITI ROBIAH
DAWUD
KUSUBAKTI ANDAJANI
Abstrak :

ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk fungsi dan hambatan komunikasi guru dengan siswa autis kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua bentuk komunikasi yaitu verbal dan nonverbal. Terdapat tujuh fungsi komunikasi yaitu memerintah menegaskan menyetujui menanyakan menolak menyatakan sesuatu dan mengungkapkan. Ditemukan tiga hambatan komunikasi yaitu ketidakselarasan keinginan guru dengan kemampuan intelektual siswa ketidakseimbangan pilihan kata guru dengan kemampuan intelektual siswa dan ketidaksesuaian keinginan guru dengan kondisi emosi siswa.

ABSTRACT: The aims of research is to describe the communication system functions and the obstacles of teachers and autism students grade IV of elementary school. This study uses qualitative method through a study case. The results of this study show that there are two kinds of communication system verbal and nonverbal. There are seven functions of communication which are ordering explaining agreeing asking rejecting stating expressing. Found three obstacles of communication they are the dissimilarity between the teachers’ desire and the students’ intellectual ability misbalanced of the teachers’ diction and the students’ intellectual ability and inappropriateness between the teachers’ desire and the students’ emotion.

Kata Kunci : pola komunikasi; komunikasi autisme; komunikasi guru dengan siswa; Communication System; Autism Communication; Teachers-Students Communication
Full Text :

Kembali