BAHASA DAN SENI
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.1 (2012)
Judul : EFEK ESTETIK-SEDUKTIF PADA MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR
Penulis : MOELJADI
Abstrak :

Abstract: Effects of seductive aesthetic in multimedia on learning outcomes.
Presenting the message in a seductive aesthetic is common in multimedia learning
applications. This study aims to test the effect of the aesthetic message design on
learning outcomes. Applied experimental method to compare the effects of
message design of aesthetic format (DPS) essential (DPE) redundancy verbal
(DPR) aesthetic and redundancy verbal (DPS-R) against the results learning of 2
groups different literacy. Analysis of data using MANOVA with significance level
0.05. DPE presentation proved the most superior in learning retention and transfer.
Presentation DPS produces a higher transfer on the subject that have a visual rather
than verbal literacy. The results of this study suggest that it should give priority to
multimedia design theories are based on dual coding of memory than the aesthetic
theories of learning when the goals are directed to maximize the transfer capability.

Abstrak: Efek estetik-seduktif pada multimedia terhadap hasil belajar.
Mempresentasikan pesan secara estetik-seduktif merupakan hal yang biasa
dalam aplikasi multimedia pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk
menguji pengaruh desain pesan estetik pada multimedia terhadap hasil
belajar. Metode eksperimental digunakan untuk membandingkan efek desain
pesan berformat estetik (DPS) esensial (DPE) verbal redundan (DPR)
estetik sekaligus verbal redundan (DPS-R) terhadap hasil belajar 2 kelompok
subjek berliterasi beda. Analisis data menggunakan MANOVA dengan
tingkat signifikansi 005. Presentasi DPE terbukti paling unggul dalam
belajar retensi dan transfer. Presentasi DPS menghasilkan transfer lebih
tinggi pada subjek yang berliterasi verbal daripada yang berliterasi visual.
Hasil penelitian ini menyarankan agar perancangan multimedia mestinya
mengutamakan teori-teori yang berbasiskan dual coding memory daripada
teori-teori estetik ketika tujuan pembelajaran diarahkan untuk
memaksimalkan kemampuan transfer.

Kata Kunci : message design aesthetic multimedia learning outcomes; desain pesan estetik multimedia hasil belajar
Full Text :

Kembali