BAHASA DAN SENI
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.1 (2012)
Judul : PEMBELAJARAN MODEL CIRCUIT TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GRAMATIKAL-LEKSIKAL MAHASISWA BAHASA JERMAN
Penulis : ROSYIDAH
Abstrak :

Abstract: This article reports on a research aimed at improving the students’
grammatical-lexical competence using learning model circuit training. The subjects
were the students of the German Department who took part in the lecture Struktur
und Wortschatz 1 Off AA in 2009. The results show that the process consists of
four main phases: motivation going around training and presenting; and the actions had the effects: all students were totally active and75 % of the students could present the learning materials correctly the average point at the end of the second cycle (7058) can be regarded as successful

Abstrak: Artikel ini menyajikan laporan penelitian tentang peningkatan kompetensi gramatikal dan leksikal bahasa Jerman melalui model pembelajaran circuit training. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Sastra Jerman FS UM yang mengikuti kuliah Struktur und Wortschatz 1 Off AA pada semester ganjil tahun 2009. Selama proses tindakan yang terdiri atas empat fase utama yaitu motivasi berkeliling latihan dan presentasi semua mahasiswa terlibat dan sangat aktif. Hasil tindakan menunjukkan bahwa 75% mahasiswa mampu mempresentasikan semua materi yang dipelajari dengan benar. Dengan nilai rata-rata 7058 di akhir siklus kedua penelitian tindakan kelas ini berhasil.

Kata Kunci : circuit training model German grammatical-lexical competence; model circuit training kompetensi gramatikal dan leksikal Bahasa Jerman
Full Text :

Kembali