BAHASA DAN SENI
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.1 (2012)
Judul : INTERACTIVE POST-READING ACTIVITIES THAT WORK
Penulis : ARWIJATI WAHYUDI
Abstrak :

Abstract: The post-reading stage of a reading lesson is often confused with the closing
of a lesson. However having new information from the whilst-reading stage
should bring about a change such as the students would know more or think or feel
differently from before. Teachers should help students connect the new information
they are now familiar with and their lives. This article re-introduces the importance
of the post-reading stage and some workable meaningful activities. Interactive activities
are chosen so that students not only process their knowledge obtained from
the text but also communicate this new knowledge to peers.


Fase pasca-baca (post-reading) pada pelajaran membaca sering dikaburkan
dengan kegiatan akhir pelajaran. Seharusnya informasi baru yang diperoleh pada
fase sedang-baca (whilst-reading) dapat menghasilkan perubahan misalnya siswa
memiliki pengetahuan lebih atau berfikir dan merasa beda dari sebelumnya.
Guru harus menolong para siswa untuk menghubungkan informasi baru yang mereka
peroleh dengan kehidupan mereka. Tulisan ini mengenalkan kembali pentingnya
fase pasca-baca dan kegiatan-kegiatan yang bermakna dan dapat dilakukan. Kegiatan-
kegiatan interaktif dipilih agar siswa tidak hanya memproses informasi yang diperoleh
dari teks bacaan tapi juga mengkomunikasikan pengetahuan baru ini kepada
rekan-rekannya.

Kata Kunci : post-reading activities reading comprehension; pembelajaran membaca aktivitas pascabaca membaca pemahaman
Full Text :

Kembali