Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.1 (2012)
Judul : STRATEGI PAIKEM PADA MATA PELAJARAN PKn DI SMP NEGERI 20 MALANG
Penulis : ANGGA DWI SAPUTRA
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kegiatan
membuka pelajaran yang dilakukan oleh guru dalam penerapan strategi
PAIKEM pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 20 Malang (2)
mendeskripsikan kegiatan inti yang dilakukan oleh guru dalam penerapan
strategi PAIKEM pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 20 Malang (3)
mendeskripsikan kegiatan penutup yang dilakukan oleh guru dalam penerapan
strategi PAIKEM pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 20 Malang (4)
mendeskripsikan faktor penunjang pelaksanaan strategi PAIKEM pada mata
pelajaran PKn di SMP Negeri 20 Malang (5) mendeskripsikan kendala –
kendala dalam penerapan strategi PAIKEM pada mata pelajaran PKn di SMP
Negeri 20 Malang (6) mendeskripsikan upaya mengatasi kendala penerapan
strategi PAIKEM pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 20 Malang. Data
dikumpulkan dengan analisis dokumen observasi dan wawancara dengan guru
PKn dan dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini
adalah (1) kegiatan membuka pelajaran yang dilakukan oleh guru PKn masih
termasuk dalam pembelajaran konvensional; (2) kegiatan inti yang dilakukan
oleh guru PKn sudah termasuk pembelajaran yang aktif inovatif kreatif
efektif dan menyenangkan; (3) kegiatan menutup pelajaran yang dilakukan
oleh guru PKn termasuk pembelajaran yang aktif dan menyenangkan; (4)
Faktor penunjang dalam penerapan strategi PAIKEM adalah (a) guru bisa
memaparkan materi dalam bentuk power point dan guru bisa membuat
beragam evaluasi. (b) SMP Negeri 20 Malang memilki 2 ruang media juga
tiga buah LCD dan dua buah sound system yang bisa di bawa ke ruang kelas
di perpustakaan juga mempunyai koleksi buku penunjang pelajaran yang
cukup banyak; (5) Kendala dalam penerapan strategi PAIKEM adalah (a) ada
siswa yang kurang bisa berkomunikatif dengan temannya dan ada siswa yang
ramai saat diskusi. (b) kurangnya jumlah LCD yang digunakan oleh guru
untuk memaparkan materi dalam bentuk power point; (6) Upaya untuk mengatasi kendala dalam penerapan strategi PAIKEM adalah (a) guru
memberi perhatian lebih kepada siswa yang kurang bisa berkomunikatif
dengan temannya dan bagi siswa yang ramai guru langsung menghampirinya
untuk dikondisikan. (b) guru harus memesan LCD di bagian perlengkapan
jauh hari sebelumnya sehingga mengetahui apakah akan menggunakan ruang
media atau membawa LCD ke ruang kelas dan bila terpakai semua maka guru
harus mencari hari lain untuk menggunakannya.

Kata Kunci : PAIKEM Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
Full Text :

Kembali