Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.1 (2014)
Judul : HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN INTERNET DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN HUKUM DAN KEWARGANEGARAAN ANGKATAN 2011 FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Penulis : ARDHE OKA H
Abstrak :

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan penggunaan internet dan prestasi belajar Mahasiswa Pendidikan Hukum dan Kewarganegaraan angkatan 2011 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang serta untuk mengetahui hubungan kedua variabel tersebut.
Penelitian ini menggunakan kuantitatif diskriptif dan korelasional yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antara variabel berapa eratnya hubungan serta berarti tidaknya hubungan tersebut. Subyek atau sampel penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Hukum dan Kewarganegaraan angkatan 2011 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang dengan jumlah responden 30 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis korelasi menggunakan rumus Korelasi Pearson (Rumus Product Moment) menggunakan Microsoft Excel dan program aplikasi stastitika yaitu SPSS untuk menganalisis hubungan antara penggunaan internet dengan prestasi belajar.
Berdasarkan hasil analisa data tersebut diperoleh 3 kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama Penggunaan internet Mahasiswa Pendidikan Hukum dan Kewarganegaraan angkatan 2011 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang yang diukur menggunakan kuisioner sebesar 11 peryataan dan menghasilkan skor 1220 dari skor maksimal sebesar 1650. Dengan menggunakan rumus analisis deskriptif maka menghasilkan 7393% yang dapat dikategorikan baik.
Kedua masalah prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Hukum dan Kewarganegaraan angkatan 2011 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang yang diukur melalui IPK (Indeks Prestasi Kumulatif). Data diambil dari 30 responden yang menghasilkan nilai tertinggi sebesar 361 terendah 300 dan memliki rata-rata 340.
Ketiga masalah hubungan antara variabel penggunaan internet memiliki korelasi terhadap prestasi belajar Mahasiswa Hukum dan Kewarganegaraan angkatan 2011 Universitas Negeri Malang. Besar hubungan dari antar variabel yaitu sebesar 0703 yang artinya memiliki hubungan yang kuat.

Kata Kunci : penggunaan internet prestasi belajar
Full Text :

Kembali