Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.1 (2014)
Judul : KINERJA PEMERINTAHAN DESA SEBAGAI PENYEDIA PELAYANAN PUBLIK DI DESA WRINGINPITU KECAMATAN MOJOWARNO KABUPATEN JOMBANG
Penulis : ARIZKI AFRIZAL AHMAD
Abstrak :

Pelayanan publik segala bentuk kegiatan pelayanan yang dilakukan oleh instansi pusat daerah dan lingkungan badan usaha milik Negara atau daerah dalam bentuk barang dan atau jasa hal ini dapat dikatakan sebagai kuwajiban yang harus dilakukan oleh lembaga penyedia pelayanan publik dan sebagai suatu pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan. Bentuk-bentuk pelayanan yang diberikan oleh penyedia pelayanan publik tentunya masih banyak yang harus dibenahi dan dilakukan evaluasi diri hal ini harus dilakukan karena kebutuhan masyarakat semakin meningkat dan beranekaragam daripada sebelumnya. Dengan adanya sebuah tuntutan kebutuhan yang semakin meningkat oleh masyarakat mengenai pelayanan publik maka mendorong peneliti untuk melihat langsung bagaimana kinerja pemerintahan desa sebagai penyedia pelayanan publik yang ada di Desa Wringinpitu kecamatan Mojowarno kabupaten Jombang
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal meliputi: (1) bentuk-bentuk pelayanan publik desa Wringinpitu. (2) prosedur pelayanan publik desa Wringinpitu. (3 hambatan dan upaya pemerintahan desa Wringinpitu sebagai penyedia pelayanan publik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Lokasi penelitian di desa Wringinpitu kecamatan Mojowarno kabupaten Jombang. Sumber data yang dipergunakan adalah data primer dan data sekunder pengumpulan data dilakukan dengan kegiatan wawancara observasi dan dan telaah dokumentasi. Dalam kegiatan analisis dimulai dari tahap reduksi data kemudian penyajian data dan terakhir penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama bentuk pelayanan publik desa meliputi pelayanan administrasi dan pelayanan non administrasi pelayanan administrasi terdapat administrasi umumdan penduduk. Sedangkan pelayanan non administrasi meliputi pelayanan fisik atau infrastruktur desa dan pelayanan non fisik atau pelayanan yang berbentuk pemberdayaan masyarakat desa Wringinpitu yang mana dalam pemebrdayaan ini meliputi bentuk pelatihan membuat pupuk organik atau pertanian dan pelatihan dalam hal
kesehatan. Kedua prosedur pelayanan yang diterapkan oleh pemerintahan Desa Wringinpitu terdapat prosedur dalam hal pelayanan administrasi dan non administrasi prosedur pelayanan administrasi yaitu terlebih dahulu membuat surat pengantar dari RT/RW setempat dan setelah itu ke kantor Desa untuk mengurusi segala keperluannya setelah memenuhi persyaratan yang ada maka masyarakat yang sebagai pemohon harus dapat persetujuan dari kepala desa. Sedangkan mengenai prosedur dalam pelayanan non administrasi harus ada musyawarah terlebih dahulu dengan masyarakat dan pihak yang terkait sebelum melaksanakan kegiatan tersebut. Ketiga hambatan dan upaya pemerintah dalam menyediakan jasa pelayanan publik yaitu terdapat hambatan sulitnya mengakomodir keinginan dari banyak masyarakat tidak dapat terealisasi rencana atau prosedur pelayanan yang sudah ditetepkan Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap perlengkapan yang harus dibawa kurangnya kesadaran masyarakat terhadap budaya antri adanya gangguan perlatan seperti padamnya listrik ataupun kerusakan komputer atau sejenisnya pembengkakan dana anggaran yang sudah ditetapkan sulitnya mengkoordinasikan masyarakat dalam membantu kegiatan pembangunan Desa Wringinpitu.
Sedangkan upaya untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu denagan memberikan intruksi kepada masyarakat agar dapat menyadari mengenai permasalahan yang ada bentuk upaya intruksi perangkat desa terhadap masyarakat yaitu melalui himbauan langsung dan apabila ada masyarakat yang masih belum terima mengenai permaslahan tersebut maka langkah perangkat desa dalam menyelesaikan permasalahannya yaitu dengan musayawarah bersama dengan kepala desa dan pihak yang terkait guna mencari solusi bersama. Dan pemerintahan Desa Wringinpitu mencari jalan atau inisiatif sendiri dalam mengatasi permasalahan yang ada.
Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) bagi pemerintah desa seyogyanya berevaluasi diri agar dapat meningkatkan kualitas dari proses dan hasil pelayanan publik agar masyarakat dalam menggunakan jasanya mendapatkan kenyamanan kelancaran dan kepastian hukum yang dapat dipertanggungjawabkan. Selain bertugas di jam kerja hendaknya aparatur desa dapat selalu memberikan pelayanan terhadap masyarakat diluar jam kerja dikarenakan keperluan yang dihadapi masyarakat terkadang tidak sesuai dengan yang ditentukan oleh pemerintahan desa (2) Bagi masyarakat diharapkan ikut andil dalam mendukung kinerja pemerintahan desa aitu dengan menaati peraturan yang telah ditentukan masyarakat juga hendaknya tidak menilai pemerintahan desa dari segi kekurangannya akan tetapi prestasi yangh sudah ada hendaknya diberikan apresiasi terhadap pemerintahan desa agar dapat menimbulkan motivasi bagi pemerintahan desa dalam bekerja (3) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya apabila meneliti hal yang sama dengan penelitian ini diharapkan variabel yang ingin diteliti lebih diperluas lagi dan dalam pengambilan data lebih ditingkatkan lagi metode-metode yang digunakan sehingga hasil penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai landasan atau literature untuk penelitian lebih lanjut.

Kata Kunci : Kinerja Pemerintahan Desa Pelayananan Publik.
Full Text :

Kembali