Jurnal Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.2 (2012)
Judul : PENGGUNAAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK IPS SEBAGAI BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMP NEGERI 4 MALANG
Penulis : TITIK SUNDARI
Abstrak :

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: Persepsi guru sejarah SMP Negeri 4 Malang terhadap BSE IPS yang digunakan di SMP Negeri 4 Malang unsur yang dikaji khususnya tentang materi grafika atau layout dan bahsa yang digunakan; Penggunaan BSE IPS cetak karangan Nanang Herjunanto dan Muh Nurdin dalam Pembelajaran Sejarah di SMP Negeri 4 Malang. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Subjek penelitiannya adalah Guru Sejarah SMPN 4 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan berikut: pengumpulan data; reduksi data dan penyajian data penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; persepsi guru terhadap BSE IPS yang digunakan di SMP Negeri 4 Malang khususnya tentang tiga aspek materi layout dan bahasa yang digunakan dalam BSE IPS adalah kurang bagus materi yang ada kurang detail penjelasannya namun susunannya tetap sesuai dengan SK dan KD layoutnya kurang menarik bahasa yang digunakan agak sulit dipahami; BSE IPS yang digunakan di SMP Negeri 4 Malang adalah BSE cetak karangan Nanang Herjunanto untuk kelas VIII dan IX serta karangan Muh Nurdin untuk kelas VII BSE IPS juga digunakan oleh guru sebagai bahan acuan untuk memberikan tugas siswa metode yang digunakan oleh guru saat mengajar menggunakan BSE IPS yang dominan adalah metode ceramah.

Kata Kunci : BSE; Bahan Ajar; Pembelajaran Sejarah
Full Text :

Kembali