Jurnal Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.2 (2012)
Judul : PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPS SEJARAH ANTARA SISWA YANG BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN LKS DAN YANG BELAJAR DENGAN MODEL PICTURE AND PICTURE BERBASIS MICROSOFT POWERPOINT DI SMP NEGERI 8 MALANG
Penulis : RHOMAWATI ADITAMA B
Abstrak :

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti SMP Negeri 8 Malang memiliki problematika yaitu hasil belajar siswa. Rendahnya hasil belajar siswa terlihat dari hasil ulangan siswa yang masih belum mencapai KKM yang ditentukan sekolah yakni 75. Berdasarkan hasil ulangan harian siswa nilainya rata-rata hanya mencapai 68. Pembelajaran sejarah di SMP Negeri 8 Malang masih menggunakan acuan LKS sehingga membuat siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar. Model picture and picture berbasis Microsoft PowerPoint sebagai model pembelajaran dapat digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran berupa gambar yang dapat menegaskan poin-poin dari materi pelajaran. Siswa diberikan gambar-gambar untuk diurutkan menjadi urutan yang logis dalam bentuk narasi yang dipresentasikan di depan kelas. Melalui model ini diharapkan dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan permasalahan diatas rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan LKS pada mata pelajaran IPS Sejarah? (2)
Bagaimana hasil belajar siswa yang belajar dengan model picture and picture berbasis Microsoft PowerPoint pada mata pelajaran IPS Sejarah? (3) Apakah perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Sejarah yang belajar dengan menggunakan LKS dan yang belajar dengan model picture and picture berbasis Microsoft PowerPoint signifikan? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian eksperimen ini adalah Quasi Experiment atau eksperimen semu. Rancangan
penelitian yang dipilih adalah Nonequvalent Control Group Design. Pengambilan sampel digunakan dengan teknik purposive sampling. Kelas VII C adalah kelas eksperimen yang dalam proses pembelajarannya menggunakan model Picture and Picture berbasis Microsoft Power Point sedangkan kelas VII E adalah
kelas kontrol yang dalam proses pembelajarannya menggunakan LKS.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen dengan jumlah 40 siswa terdapat peningkatan sebesar 37.00 dari perolehan pre-test 51.60 menjadi 88.60 setelah post-test. Sedangkan untuk kelas kontrol dengan jumlah 40 siswa juga terdapat peningkatan sebesar 21.00 dari 2
perolehan pre-test 47.70 menjadi 68.70 setelah post-test. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dapat dikatakan lebih tinggi dari pada peningkatan hasil belajar kelas kontrol. Hasil uji t menunjukkan bahwa thitung (9444) > ttabel (1990) dengan nilai Sig. (0000) < 005 berarti Ho ditolak dan Hi diterima sehingga hasil belajar IPS Sejarah antara kelas eksperimen dan kelas kontrol
terdapat perbedaan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada
perbedaan antara kelas eksperimen dengan model Picture and picture berbasis Microsoft PowerPoint dan kelas kontrol dengan menggunakan LKS. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar antara model Picture and picture berbasis Microsoft PowerPoint dengan LKS pada mata pelajaran IPS Sejarah. Dengan model Picture and picture berbasis Microsoft
PowerPoint siswa menjadi lebih aktif dan kreatif sehingga hasil belajarnya meningkat. Diharapkan penelitian ini dapat menambah inspirasi bagi guru dalam menerapkan model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lain dapat melakukan penelitian mengenai model Picture and picture berbasis Microsoft Power Point yang lebih menarik lagi dengan melakukan pengembangan dalam keseluruhan apsek (instrumen sampel tempat) objek
diperluas media lebih bervariasi lagi serta mempertimbangkan variabel-variabel lain atau pada bidang mata pelajaran lain.

Kata Kunci : LKS; Model Picture and Picture berbasis Microsoft PowerPoint; Hasil belajar
Full Text :

Kembali