Jurnal Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.2 (2012)
Judul : PENGARUH PENGGUNAAN MODUL SEJARAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KESAMBEN JOMBANG SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2011/2012
Penulis : TYAS WAHYU NINGSIH
Abstrak :

Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan prestasi belajar siswa yang tidak mendapat pembelajaran menggunakan modul sejarah (2) mendeskripsikan prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan modul sejarah (3) menganalisis pengaruh penggunaan modul sejarah dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-test - post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kesamben. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan siswa kelas VIII C. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Data yang telah terkumpul diolah dan dianalisis bantuan komputer SPSS 18.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Prestasi belajar siswa yang menggunakan modul sejarah sudah baik dengan rata –rata nilai kelas yaitu 761 (2) Prestasi belajar siswa yang tidak menggunakan modul sejarah cukup baik dengan rata –rata nilai kelas yaitu 704 (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan modul sejarah dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS/Sejarah dengan nilai t pada equal variance assumed sebesar -2758 < -1674 (t hitung < t tabel) dan signifikansi 0008 < 005 jadi H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa penggunaan modul sejarah dalam pembelajaran sejarah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa.

Kata Kunci : Penggunaan modul sejarah; Prestasi Belajar
Full Text :

Kembali