Jurnal Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.2 (2012)
Judul : PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SEJARAH KELAS VII SMP NEGERI 1 MALANG SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2011/2012
Penulis : YENI FARIDA
Abstrak :

Selama ini dalam proses pembelajaran IPS Sejarah di SMP Negeri 1 Malang guru belum pernah menerapkan metode pembelajaran berbasis portofolio karena guru menilai bahwa metode portofolio dianggap terlalu rumit. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Malang dengan subyek penelitian kelas VII A. Hasil dari penelitian ini adalah penerimaan siswa kelas VII A terhadap penerapan metode pembelajaran berbasis portofolio cukup baik Berdasarkan hasil tes awal (pre-test) dapat diketahui nilai rata-rata siswa kelas VII A dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa adalah 6431 dan berdasarkan hasil tes akhir (post-test) nilai rata-rata dari kelas VII A adalah 8362 dimana terdapat 3 siswa yang belum tuntas dan 26 siswa yang tuntas pada mata pelajaran IPS Sejarah materi kehidupan pada masa praaksara. Berdasarkan hasil belajar diatas terjadi peningkatan hasil belajar
siswa dimana hal ini menunjukkan terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran berbasis portofolio terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Sejarah kelas VII SMP Negeri 1 Malang pada pokok bahasan memahami kehidupan pada masa pra aksara.

Kata Kunci : metode pembelajaran berbasis portofolio; hasil belajar
Full Text :

Kembali