Jurnal Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.2 (2012)
Judul : MINAT BACA PADA MATAPELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 LAWANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Penulis : SANDI AKBAR WIDODO
Abstrak :

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana minat
baca pada matapelajaran sejarah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1
Lawang. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti pada penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui: 1)
observasi 2) wawancara mendalam 3) dokumentasi 4) angket. Teknik analisis
data melalui tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data penarikan
kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan data menggunakan teknik
triangulasiSetelah melakukan proses pengolahan data diketahui hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa Berdasarkan paparan data dan analisis
data dapat disimpulkan bahwa tingkat minat baca siswa kelas XI IPS SMA
Negeri 1 Lawang tergolong dalam ketegori sedang. Presentase siswa yang
memiliki minat baca sedang sebesar 60% sedangkan siswa yang memiliki
minat baca tinggi sebesar 35%. Sisanya sebesar 5% mempunyai minat baca
rendah. Indikator siswa yang memiliki minat baca sedang antara lain mengunjungi perpustakaan sekolah 2 kali dalam satu minggu membaca
sejarah untuk mempersiapkan materi sejarah yang akan diajarkan besok dan
biasanya sekitar 30 menit untuk membaca buku sejarah dalam setiap kali
membaca. Untuk indikator minat baca siswa yang tergolong dalam kategori
tinggi dilihat dari intensitas mereka dalam berkunjung perpustakaan yaitu
antara 2 sampai 3 kali perminggu. Siswa memiliki waktu khusus untuk membaca buku sejarah lebih dari 30 menit. Selain itu mereka juga memanfaatkan buku sejarah yang ada di perpustakaan untuk kegiatan belajar mengajar. Sedangkan siswa yang termasuk dalam kategori minat baca rendah kunjungan ke perpustakaan yang hanya 1 kali dalam seminggu dan intensitas membaca yang tidak lebih dari 15 menit.

Kata Kunci : minat baca; siswa; matapelajaran sejarah
Full Text :

Kembali