Jurnal Pendidikan Geografi
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.2, No.2 (2013)
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Problem based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Analitis pada Mata Pelajaran Geografi Siswa SMA
Penulis : RAHMAWATI
Ach. Amirudin
Johanis Paluin Buranda
Abstrak :
Pada pembelajaran geografi di SMA siswa banyak dituntut untuk berpikir tingkat tinggi salah satunya yaitu berpikir analitis. Pada kenyataannya sedikit siswa yang memiliki kemampuan berpikir analitis di mata pelajaran geografi karena siswa masih cenderung banyak menghafalkan materi bukan memahami sehingga kemampuan berpikir analitis mereka kurang terlatih. Salah satu model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir analitis siswa dalam pelajaran geografi adalah model pembelajaran Problem based Learning (PBL).

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir analitis siswa SMA pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini termasuk dalam quasi eksperiment. Penelitian dilaksanakan di SMA Brawijaya Smart School Malang. Rancangan penelitian ini menggunakan nonequivalent pretest-posttest control group design. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Statistik Parametrik dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Instrumen Penelitian menggunakan soal essai yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan.

Kemampuan awal siswa baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol tidak jauh berbeda yaitu nilai rata-rata 5100 kelas eksperimen sementara nilai rata-rata 5300 untuk kelas kontrol. Setelah kelas eksperimen diberi perlakuan model PBL dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional yang berupa tanya jawab pemberian LKS dan menggunakan power point kedua kelas mengalami peningkatan nilai kemampuan berpikir analitis. Rata-rata gain score kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu sebesar 2342 sementara kelas kontrol sebesar 1215. Berdasarkan hasil analisis T-test diketahui bahwa kemampuan berpikir analitis geografi siswa sebesar 0010 atau <005 maka Ho ditolak dengan kata lain model pembelajaran Problem based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis pada mata pelajaran geografi siswa SMA.

Saran yang dapat diberikan untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa antara lain: 1) kepada sekolah agar pihak kurikulum menganjurkan guru menerapkan model pembelajaran PBL; 2) kepada guru menyusun RPP berbasis PBL dengan alokasi waktu yang cermat menyiapkan fasilitas bagi siswa yang sekiranya dibutuhkan saat pelaksanaan PBL soal diskusi sebaiknya tidak terlalu banyak; 3) peneliti selanjutnya diharapkan menerapkan model PBL dengan variabel lain atau menambahkan variabel seperti motivasi keaktifan dan minat; dilakukan pada materi atau kompetensi dasar mata pelajaran geografi yang berbeda.
Kata Kunci : Problem based Learning kemampuan berpikir analitis
Full Text :

Kembali