Psikologi
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.1 (2013)
Judul : FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN YAMAHA MIO DI TRENGGALEK
Penulis : AEVYN SEKAR PERDANI
Abstrak :

Penelitian mengenai keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk sepeda motor cukup banyak dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan mendeskripsikan faktor-faktor yang melatarbelakangi pengambilan keputusan pembelian pada konsumen Yamaha Mio di Trenggalek dan mengetahui besarnya sumbangan masing-masing faktor. Menganalisis faktor-faktor yang melatarbelakangi pertimbangan membeli Yamaha Mio akan membawa kepada faktor yang paling dominan diantara beberapa faktor lain.. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel penelitian ini adalah 16 faktor yang melatar belakangi pengambilan keputusan pembelian menurut (Engel et el1995) pada konsumen Yamaha Mio. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 konsumen Yamaha Mio di Trenggalek.Dari hasil penelitian terdapat hubungan antara 15 faktor dengan pengambilan keputusan pembelian Yamaha Mio di Trenggalek. Ke-15 faktor-faktor yang melatarbelakangi pengambilan keputusan pembelian ini direduksi menjadi empat faktor yang meliputi faktor lingkungan dan budaya memberikan sumbangan 28734% faktor pengetahuan memberikan sumbangan 16100% faktor kemampuan dan kebutuhan memberikan sumbangan 11047% faktor konsep diri memberikan sumbangan 8060%. Peneliti selanjutnya yang tertarik untuk meneliti topik yang sejenis sebaiknya menggunakan subjek dengan latar belakang sosio kultural yang berbeda menggunakan jumlah sampel yang lebih banyak agar hasilnya dapat dibandingkan dengan penelitian ini

Kata Kunci : faktor-faktor keputusan pembelian yamaha mio
Full Text :

Kembali