Pendidikan Kimia
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.2, No.1 (2013)
Judul : Pengembangan Bahan Ajar Buffer Solution Berbasis Inkuiri Terbimbing
Penulis : SEPTIKA ARIYANTI
FAUZIATUL FAJAROH
SUTRISNO
Abstrak :

ABSTRAK: KTSP disusun dengan memperhatikan keragaman potensi karakteristik daerah dan  lingkungan. Salah satu upaya untuk membawa
kekhasan tiap daerah tersebut ke dunia global adalah  melalui pengembangan
bahan ajar berbahasa Inggris yang berpedoman pada KTSP. Adapun tujuan pengembangan ini adalah  menghasilkan bahan ajar buffer solution berbasis inkuiri terbimbing yang tervalidasi. Model yang digunakan dalam pengembangan
adalah 4D-Model yang terdiri dari mendefinisikan (define) merancang (design)
mengembangkan (develop) dan  menyebarluaskan (disseminate). Persentase
hasil validasi bahan ajar sebesar 8877% yang menyatakan bahwa bahan ajar
buffer solution berbasis inkuiri terbimbing ini telah “sangat layak” untuk digunakan. Keseluruhan bahan ajar ini terdiri dari bagian pendahuluan isi dan
penutup yang mencakup 3 sub materi yaitu: (1) principles of buffer solution; (2)
pH of buffer solution; dan (3) buffer solutions in daily life. Setiap sub-sub materi
disajikan sesuai dengan tahapan pada pembelajaran inkuiri terbimbing.

Kata Kunci : bahan ajar inkuiri terbimbing buffer solution
Full Text :

Kembali