Pendidikan Kimia
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.2, No.1 (2013)
Judul : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5-E PADA MATERI HIDROKARBON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 BATU PROGRAM KEAHLIAN AGRIBISNIS HASIL PERTANIAN
Penulis : SAIFATUL HUSNA
PARLAN
DEDEK SUKARIANINGSIH
Abstrak :

Abstrak: Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui ada  tidaknya perbedaan  hasil belajar  siswa  kelas  XI  SMK  Negeri  2  Batu  Program  Keahlian  Agribisnis  Hasil Pertanian  yang  dibelajarkan  menggunakan  model  pembelajaran Learning  Cycle 5-E dengan  siswa  yang  dibelajarkan  menggunakan  model  ekspositori  pada  materi hidrokarbon. Penelitian  ini  menggunakan  rancangan  penelitian  eksperimental  semu. Kelas eksperimen dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5-E sedangkan kelas kontrol dibelajarkan menggunakan model pembelajaran ekspositori. Hasil  penelitian  menunjukkan bahwa  siswa  yang  dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5-E memiliki rata-rata nilai hasil belajar lebih tinggi (x= 8184) daripada  siswa  yang  dibelajarkan menggunakan model  pembelajaran ekspositori (x = 6731).

Kata Kunci : model pembelajaran Learning Cycle 5-E hidrokarbon hasil belajar
Full Text :

Kembali