Pendidikan Kimia
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.2, No.1 (2013)
Judul : PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS XI IPA SEMESTER II SMA NEGERI 5 MALANG PADA MATERI POKOK KOLOID
Penulis : FESY MINTANIA
MUHAMMAD SU`AIDY
I WAYAN DASNA
Abstrak :

Abstrak:  Salah satu tujuan mata pelajaran kimia SMA berdasarkan KTSP
adalah  agar  siswa  memperoleh  pengalaman  dalam  menerapkan  metode
ilmiah  melalui  eksperimen  atau  percobaan.  Selain  itu  siswa  juga  dituntut
untuk  bekerja  secara  ilmiah  bersikap  ilmiah  dan  dapat mengkomunikasikannya  dalam  kehidupan  sehari-hari.  Penelitian  ini menggunakan rancangan  eksperimental  semu  (quasy experimental  design)
post test  only  dan rancangan deskriptif.  Rancangan  eksperimen  digunakan
untuk  mengetahui  bagaimana  penerapan  metode  inkuiri  terbimbing terhadap  hasil  belajar.  Rancangan  deskriptif  digunakan  untuk  mengetahui sikap  ilmiah  siswa  terhadap  pembelajaran  pada  materi  koloid.  Hasil penelitian  menunjukkan  bahwa  penerapan  metode  pembelajaran  inkuiri terbimbing memberikan hasil belajar dan sikap ilmiah yang lebih baik.

Kata Kunci : inkuiri terbimbing hasil belajar sikap ilmiah koloid
Full Text :

Kembali