Fisika
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.3, No.1 (2014)
Judul : Sistem Alat Pengukur Tinggi dan Berat Badan Balita Berbasis Mikrokontroler ATMega16 pada Posyandu
Penulis : TIARA ANTA RIZKI
Heriyanto
Samsul Hidayat
Abstrak :

Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM)yang dikelola dari oleh untuk dan bersamamasyarakat guna memberdayakan masyarakat danmemberikan kemudahan kepada masyarakat dalammemperoleh pelayanan kesehatan dasar.(Kemenkes R1 2012) Salah satu pelayanan kesehatan dasar posyandu diantaranya memperoleh pelayanan KB kesehatan ibu dan anak (KIA) Gizi Imunisasidan penanggulangan diare pada waktu dan tempat yang sama.(Effendy 1998).Meskipun peran posyandu sangat besar untuk menurunkan angka kematian bayi tetapi apabila ditinjau dari aspek pengambilan data (pengukuran)di posyandu masih ditemukan banyak masalah. Salah satu masalahnya  antara lain kelengkapan sarana dan keterampilan kader yang belum memadai.Kelengkapan sarana dan prasarana yang kurang memadai diantar nya alat untuk menimbang massa badan balita sampai sekarang ini masih menggunakan alat yang sederhana yaitu menggunakan kain sarung atau sejenisnya.Selain pengukuran massa badan balita yang masih tradisional pengukuran tinggi badan balita pun juga masih dilakukan secara tradisional yaitu di ukur dengan menggunakan meteran.hal ini juga dirasakan kurang efisien karena pengukuran menggunakan meteran hasil yang di peroleh kurang akurat hal ini disebabkan karena petugas posyandu kesulitan dalam hal pembacaan alat ukur tinggi badan balita secara lebih akurat. Alat yang lebih efisien dapat mempermudah petugas posyandu untuk  mengelola data dengan efisienakurat dan menyenangkan.
Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem pengukuran tinggi dan berat badan balita.Pengukuran tinggi badan balita menggunakan putaran motorstepper dan pengukuran berat badan balita menggunakan sensorStrain Gauge dengan memanfaatkan mata kuliah yang di pelajari yakni mikroprosesor dan sensor dan tranduser. Langkah – langkah penelitian yang dilakukan adalah membuat rancangan berupa software dan hardware ke mudian melakukan pengujian setiap tahap dari alat yang dirancang. Selanjutnya mencoba seluruh sistem apakah telah bekerja sesuai dengan rencana. Data yang di peroleh akan dilakukan analisis data dari sensor strain gaugedan motor stepper .
Dari hasil pengujian sistem diketahui bahwa sistem dapat membaca tinggi badan dan berat badan balita. Dari sensor ketinggian diperoleh rata-ratakesalahan sebesar 0178% dengan kesalahanterbesar sebesar00161%. Pada sistem pengukuran berat balita diperoleh rata-rata kesalahan sebesar 0026% dengan kesalahan terbesar sebesar 0084%. Dengan demikian sistem pengukuran tinggi dan berat badan balita berbasis digital sudah layak digunakan

Kata Kunci : Posyandu; Tinggi dan Berat Badan Balita; Motorstepper; Strain Gauge; ATMega 16
Full Text :

Kembali