Fisika
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.3, No.1 (2014)
Judul : Koreksi Terrain Pada Metode Gaya Berat Berbasis Aturan Simpson 1/3 Bersegmen Menggunakan Borland Delphi 7
Penulis : SELVIANA ARIFIKA
Widjianto
Nugroho Adi Pramono
Abstrak :

Penelitian gaya berat sering mengalami kendala salah satunya adalah bentuk topografi yang tidak teratur berupa bukit/gunung dan lembah. Bentuk topografi yang tidak teratur akan mempengaruhi nilai gaya berat yang terukur. Oleh karena itu adanya bukit/gunung tersebut harus dikoreksi agar nilai gaya berat yang terukur dapat mendekati nilai gaya berat dari konfigurasi batuan di sekitar titik pengamatan. Ca-ranya adalah dengan melakukan koreksi terrain.
Perhitungan nilai koreksi terrain dilakukan secara manual bersifat subjektif monoton dan membutuhkan waktu yang lama. Sehingga dikembangkan program un-tuk menghitung koreksi terrain menggunakan pendekatan numerik yaitu metode inte-grasi simpson 1/3 bersegmen dan diterapkan dalam aplikasi perangkat lunak Delphi 7. Terdapat dua jenis data masukan yaitu data lapangan (pengukuran) dan data batimetri (model) yang masing-masing terdiri dari longitude latitude dan altitude. Data batimetri terlebih dahulu diolah menggunakan software Global Mapper.
Program diujicoba dan dibandingkan dengan metode Hammer Chart pada 10 data stasiun.Pengujian menggunakan metode Hammer Chartdengan n= 1000 dipero-leh nilai koreksi terrain berinterval 0.672267 mGal hingga 0.81383 mGal sedangkan untuk n = 5000 diperoleh nilai koreksi terrain berinterval 0.687612 mGal hingga 0.829752 mGal.Pengujian menggunakan metode Hammer Chart diperoleh nilai ko-reksi terrain berinterval 0.70716 mGal hingga 0.82514 mGal.Hasil yang diperoleh program mendekati hasil yang diperoleh dari metode Hammer Chart dan memiliki kecenderungan pola yang sama.Setelah dilakukan uji t dua sampel bebas untuk n = 1000 dan n = 5000 diperoleh thitung <ttabel sehingga tidak ada perbedaan nilai koreksi terrain yang signifikan antara menggunakan Hammer Chart dan menggunakan Simp-son 1/3 bersegmen

Kata Kunci : gaya berat;koreksi terrain;simpson 1/3 bersegmen;hammer chart
Full Text :

Kembali