Fisika
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.3, No.1 (2014)
Judul : Analisis Percepatan Tanah Maksimum Gempabumi Tektonik Wilayah Jawa Timur Menggunakan Metode Donovan
Penulis : ISTIQORINI HANDEWI
Sujito
Daeng Achmad Suaidi
Abstrak :

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang paling banyak terjadi gempabumi. Hal ini disebabkan Indonesia terletak pada daerah pertemuan tiga lempeng tektonik yaitu : Lempeng Eurasia Indo-Australia dan Lempeng Pasifik. Hal ini menyebabkan daerah Jawa Timur dan sekitarnya merupakan salah satu wilayah rawan terhadap gempabumi karena posisinya pada jalur subduksi yang berada di sebelah barat yaitu pertemuan antara lempeng Indo-Australia dengan lempeng Eurasia. Percepatan tanah maksimum dipemukaan tanah merupakan salah satu parameter penting karena menggambarkan kekuatan getaran gempa yang pernah terjadi. Oleh karena itu sangat dibutuhkan pengukuran dan perhitungan percepatan tanah yang diakibatkan oleh gempabumi. Dengan mengetahui nilai percepatan tanah maksimum di suatu wilayah kita dapat mengetahui daerah mana yang rawan terhadap gempabumi.
Data yang diperoleh pada penelitian ini merupakan data historis gempabumi periode 1973 – 2013 dari U.S. Geoligical Survey di stasiun BMKG Karangkates Malang. Sebanyak 867 data gempabumi dihitung nilai percepatan tanah maksimum dengan metode empiris Donovan. Data yang telah melewati tahap perhitungan kemudian diolah ke dalam software arcGis 10.0 dan Surfer 9 sehingga dapat diinterpretrasikan dalam bentuk sebaran episenter dan kontur percepatan tanah maksimum gempabumi. Hasil dari interpretasi dibahas sesuai dengan hasil pengolahan arcGis 10.0 dan Surfer 9.
Hasil dari pengolahan data tersebut kemudian diinterpretasikan sehingga dapat diketahui rumus empiris Donovan menghasilkan percepatan tanah maksimum tertinggi 589 gal pada koordinat 9°24’LS – 112°BT dan percepatan tanah maksimum terendah 659 gal pada koordinat 7°42’LS - 114°15’BT.

Kata Kunci : percepatan tanah maksimum;metode donovan;arcGis 10.0 Surfer 9
Full Text :

Kembali