Fisika
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.3, No.1 (2014)
Judul : PROTOTYPE ROBOT PENGIKUT GARIS DILENGKAPI SISTEM KONTROL BEBAN MENGGUNAKAN LOAD CELL SEBAGAI ALAT PENGANTAR BUKU DI PERPUSTAKAAN
Penulis : ISTIQOMAH
Heriyanto
Samsul Hidayat
Abstrak :

Penelitian ini mengembangkan Robot Pengikut Garis yang dilengkapi dengan sistem kontrol beban menggunakan Load Cell sebagai alat pengantar buku di perpustakaan.Tujuan dari penelitian ini yaitu: membuat hardware dan software sistem pengikut garis membuat hardware dan software sistem kontrol beban menggunakan Load Cell dan ADC menampilkan hasil konversi ADC pada LCD membuat hardwaredan softwarepembaca kode buku dan kode rak serta membuat rancangan mekanik robot.Alat ini antara lain dapat membantu pustakawan dalam melaksanakan pekerjaan mereka serta dapat dikembangkan menjadi sebuah alat transportasi modern.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R & D). Mengacu pada model penelitian R & D maka metode yang digunakan adalah metode prosedural yang dilaksanakan dengan beberapa tahap (prosedur) yaitu: 1) merumuskan potensi dan masalah sebelum melakukan penelitian 2) mengumpulkan data dan informasi yang dapat digunakan sebagai dasar untuk perencanaan dan pembuatan produk 3) membuat desain produk awal 4) melakukan validasi desain terhadap rancangan sistem kerja baru dengan sistem kerja lama 5) memperbaiki desain 6) melakukan uji coba pada produk baru.
Hasil pengujian produk menghasilkan dua jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Analisis data kualitatif menggunakan metode analisis deskriptif. Sedangkan untuk data kuantitatif menggunakan analisis penentuan linieritas rangkaian yang dibuat selama penelitian. Hasil analisis ini digunakan untuk menentukan kelayakan rangkaian untuk digunakan dalam penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh beberapa kesimpulan pertama rancangan elektronik dan mekanik sistem pengikut garis dapat berjalan mengikuti garis lurus dan garis lengkung serta belum dapat mengikuti garis berbentuk siku-siku. Kedua rangkaian elektronik dan mekanik sistem kontrol beban dan ADC mampu menampilkan kondisi normal (ditandai dengan alarm yang tidak berbunyi) dan kondisi over load (ditandai dengan alarm berbunyi) tetapi hasil konversi ADC belum bisa ditampilkan pada LCD. Ketiga rangkaian pembaca kode buku dan kode rak dapat membaca kode-kode yang diberikan tetapi belum bisa memproses data lebih lanjut.
Saran-saran untuk pengembangan lebih lanjut hendaknya difokuskan pada bagian software pembaca kode buku dan kode rak serta software untuk tampilan LCD. Saran pengembangan lain hendaknya pembaca kode buku dan kode rak menggunakan sistem yang lebih canggih seperti RFID ataupun Barcode powersupplyhendaknya menggunakan aki kering atau baterai Lithium agar suplly tegangan lebih awet.

Kata Kunci : Sensor Pendeteksi Warna Hitam dan Putih; Robot Pengikut Garis; Sistem Kontrol Beban; Load Cell; Perpustakaan
Full Text :

Kembali