Fisika
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.3, No.1 (2014)
Judul : PEmetaAN PERMUKAAN BAWAH TANAH DI TAMAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG DENGAN METODE GEOLISTRIK POTENSIAL DIRI
Penulis : FERUM MAHENDRA PRANITA
Markus Diantoro
Burhan Indriawan
Abstrak :

Metode potensial diri (self potential) digunakan untuk mengetahui arah aliran air tanah yang di injeksi di bawah permukaan tanah. Metode potensial diri sangat tepat untuk digunakan dalam memetakan distribusi anomali yang berhubungan dengan arah dan besaran aliran fluida. Beberapa aplikasi penelitian tentang potensial diri yang telah dilakukan di beberapa daerah yang cocok dengan metode ini.
Alur pelaksanaan penelitian ini terdiri atas beberapa langkah. Langkah pertama menyiapkan alat ukur potensial DVM (Digital Voltmeter) 4 buah elektroda porous pot larutan Copper Sulfida roll meter roll kabel tabel pencatatan data serta alat-alat komunikasi jika diperlukan. Kedua merancang luasan yang akan di survei dari overlay peta topografi dan peta geologi daerah survei. Selanjutnya menentukan titik referensi untuk penempatan salah satu elektroda yang tetap. Menentukan lintasan-lintasan pengukuran di dalam luasan survei yang nantinya akan digunakan untuk acuan pembagian kelompok pengukuran. Ketiga mengkalibrasi terlebih dahulu masing-masing pasang elektroda porous pot. Keempat melakukan pengukuran dan mengumpulkan data. Penelitian self potential yang telah dilakukan di taman perpustakaan UM Malang Jawa Timur diperoleh data berupa nilai besaran tegangan dalam satuan mV. Data tersebut kemudian di interpolasikan menjadi peta kontur self potential yang menggambarkan sifat kelistrikan daerah penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan spasi griding 5 m dengan jumlah data 165 dengan luasan 35 x 5 bagian kiri dan 30 x 5 bagian kanan jarak antar elektroda porous pot adalah 5 meter.
Berdasarkan analisis data kontur di daerah kiri maupun kanan Taman Perpustakaan UM tampak bahwa keduanya menunjukkan pola berbeda. Taman kiri selatan lebih berpotensi untuk memperoleh sumber mata air bawah tanah dengan kadar air yang cukup untuk menunjang kebutuhan kehidupan sehari-hari. Selain itu juga dimungkinan untuk membuka sumber mata air baru selain sumber mata air yang telah ada saat ini yang menunjukkan karakteristik batuan bawah permukaan.

Kata Kunci : potensial diri; porous pot electrode; larutan jenuh CuSO4
Full Text :

Kembali