Fisika
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.3, No.1 (2014)
Judul : SIMULASI PERSAMAAN GERAK PADA SISTEM SUSPENSI DENGAN KOEFISIEN REDAM GETAR BERUPA FUNGSI KECEPATAN DAN PERUBAHAN MASSA BEBAN
Penulis : I GDE KADEK RIZAL AGUS SETIADI
Widjianto
Hari Wisodo
Abstrak :

Suspensi adalah kumpulan komponen tertentu yang berfungsi meredam kejutan getaran yang terjadi pada kendaraan akibat permukaan jalan yang tidak rata yang dapat meningkatkan kenyamanan berkendara dan pengendalian kendaraan.Untuk mendapatkan redaman yang sesuai diperlukan pengembangan desain suspensi pada kendaraan.Komponen utama yang didesain untuk meredam hentakan tersebut ialah Shock Absorber.Shock Absorber kendaraan bermotor dirancang agar mampu menghadapi kondisi perubahan jalan kecepatan dan massa muatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan koefisien redaman yang sesuai dengan menggunakan beberapa model koefisien redaman sebagai fungsi kecepatan yaitu c(v) = vn c(v) = 1– exp (–10vn) dan c(v) = arctan (v). Pada penelitian ini juga meninjau perubahan massa beban serta menggunakan beberapa tetapan k/m.
Hasil dari visualisasi gerak osilasi teredam pada sistem suspensi didapatkan model koefisien redaman yang paling sesuai adalah model c(v) = vn. Pada hasil visualisasinya dengan nilai n = 8 terlihat bahwa kecepatan dan amplitudo osilasi berkurang secara cepat dan pada kondisi osilasi yang stabil diagram fasenya berbentuk elips dengan amplitudo yang paling kecil. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut misal meninjau temperatur oli dari shock absorber.

Kata Kunci : Sistem Suspensi; Koefisien Redaman; Massa Muatan; Tetapan k/m
Full Text :

Kembali