Fisika
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.3, No.1 (2014)
Judul : PENGUKURAN ARAH KIBLAT MASJID AL HIKMAH UNIVERSITAS NEGERI MALANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE SPHERICAL TRIGONOMETRY (TRIGONOMETRI BOLA)
Penulis : DEWI SETYO MURTHI
Sutrisno
Era Budi Prayekti
Abstrak :

Menghadap arah kiblat adalah kewajiban bagi kaum Muslimin dalam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT baik ibadah fardhu maupun ibadah sunnah sehingga mengukur arah kiblat ini sangat penting karena berpengaruh terhadap diterima atau tidaknya ibadah sholat yang kita tunaikan. Ketika kita melihat realita Masjid Al-Hikmah UM terlihat adanya kemiringan shaf sholat akan tetapi masih banyak dijumpai jama’ah yang ketika menunaikan ibadah sholat menghadap lurus ke depan. Secara ilmiah kita perlu mengetahui cara dan bagaimana menentukan arah kiblat yang sebenarnya. Cara yang akan dikenalkan adalah dengan menggunakan Spherical Trigonometry (Trigonometri Bola). Karena Bumi kita ini berbentuk bola maka rumus ini dianggap representatif untuk menjawab permasalahan penentuan arah kiblat. Penentuan azimuth suatu tempat di permukaan Bumi ke arah kiblat menggunakan Spherical Trigonometry (Trigonometri Bola) membutuhkan data koordinat geografis dari ka’bah kutub utara Bumi dan tempat yang akan dicari azimuthnya tersebut. Sehingga dibutuhkan suatu alat yang dapat menyajikan data tersebut secara akurat. Dalam hal ini peneliti memilih Global Positioning System (GPS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa azimuth arah kiblat Masjid al-Hikmah Universitas Negeri Malang berdasarkan analisis menggunakan Spherical Trigonometry (Trigonometri Bola) adalah -657866680 atau 294213330 = (294.21±0.25)0.  Kemudian ditentukan arah utara sejati untuk menerapkan azimuth arah kiblat hasil analisis tersebut. Setelah diterapkan pada fakta kiblat Masjid al-Hikmah UM ternyata masjid Al-Hikmah UM sudah tepat menghadap kiblat sehingga arah kiblanya tidak perlu diubah.

Kata Kunci : kiblat; spherical trigonometry (trigonometri bola); azimuth arah kiblat; Global Positioning System (GPS); dan Masjid Al-Hikmah Universitas Negeri Malang
Full Text :

Kembali