Fisika
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.3, No.1 (2014)
Judul : VISUALISASI MODE MEDAN CAHAYA BERDASARKAN PENGARUH KEKUATAN DEFEK DAN UKURANNYA TERHADAP POLA RAGAM MEDAN LISTRIK PADA KISI KRISTAL FOTONIK
Penulis : DIANA KURNIATI
Arif Hidayat
Hari Wisodo
Abstrak :

Daerah defek terjadi karena adanya ketidakselarasan pada susunan periodik kisi. Penelitian tentang bentuk ukuran defek single-site dengan formulasi berpangkat 4 pada kisi kristal fotonik telah dijelaskan sebelumnya. Namun belum dijelaskan bagaimana intensitas dan potensial medannya. Penelitian ini mengkaji kondisi dan ukuran defek dengan formulasi yang lain yaitu single-site dengan formulasi berpangkat 2.
    Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode numerik. Dalam metode ini langkah pertama yang dilakukan adalah mengkaji persamaan umum gelombang pada kisi kristal fotonik yang didasarkan pada prinsip dasar persamaan Maxwell. Sehingga diperoleh solusi umum persamaan gelombang pada kisi. Dengan menentukan kondisi dan persamaan defek yang akan dikaji maka dilakukan visualisasi berdasarkan solusi persamaan yang diperoleh tersebut melalui program Matlab 7.0.
Hasil yang dicapai adalah didapatkannya variasi bentuk ukuran defek single-site pertama FD1 dan ukuran defek kedua FD2. Selanjutnya untuk memperoleh pengaruh konstanta kekuatan defek   terhadap nilai  nya pada ukuran defek FD1 dan FD2 dibuat grafik perbandingan dengan menggunakan metode numerik yang didasarkan pada solusi persamaanya. Pada ukuran defek FD1 diperoleh pola dengan puncak daerah defek bergradasi warna merah tua dengan diameter 4. Kemudian untuk ukuran defek FD2 diperoleh pola dengan puncak defek 3 kali lebih besar dibandingkan daerah ukuran defek FD1.Selanjutnya membandingkan pengaruh ukuran defek FD1 dan FD2 terhadap ragam medan listriknya. Diperoleh bahwa Ukuran defek  memiliki pola mode defek yang lebih beragam pada dibandingan dengan ukuran defek  . Sedangkan untuk perbandingan kekuatan defeknya semakin besar kekuatan defeknya maka semakin besar nilai µ nya juga semakin beragam pula mode area defek yang dihasilkan.

Kata Kunci : Kisi Kristal Fotonik; Visualisasi; Defek
Full Text :

Kembali