Fisika
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.3, No.1 (2014)
Judul : RANCANG BANGUN DAN KARAKTERISASI REFLEKTOR CAHAYA MATAHARI PADA POWER STEAM BERBASIS NANOPARTIKEL UNTUK OPTIMASI KONVERSI ENERGI PANAS
Penulis : BADRUT TAMAM SALIMI
Nandang Mufti
Abdulloh Fuad
Abstrak :

Konsentrator tenaga surya merupakan teknologi energy terbarukan yang unik. Sistem konsentrator surya selain dapat dimanfaatkan sebagai perangkat pembangkit listrik tenaga surya dapat juga dijadikan sebagai destilasi air laut. Potensi energy surya di Indonesia 12 x 107 GW. Dimana potensi tersebut belum banyak di manfaatkan. Dari itu perlu dilakukan penelitian terkait potensi tersebut. Salah satunya dengan teknologi solar termal. Dimana reflector menjadi komponen yang sangat penting dalam teknologi ini. Pada penelitian ini konsentrator surya merupakan reflector berbentuk parabola yang terbuat dari antena TV. Permukaan parabola antena TV dilapisidenganbahanalumuniumdan CD. Kemudian kerangka reflektor dilengkapi dengan beberapa komponen tambahan yang mampu meningkatkan kemampuan reflector untuk menerima intensitas cahaya maksimum.
Uji efisiensi termal dilakukan dari dua buah jenis reflector yaitu reflector dengan permukaan CD dan Alumunium dalam tabung receiver yang kosong. Reflektor dengan permukaan CD memiliki efisiensi termal lebih tinggi disbanding kanal umunium yaitu sebesar 427 % dengan rasio konsentrasi 1069. Sedangkan efisiensi termal reflector alumunium hanya 17 % dengan rasio konsentrasi 33.5.
Untuk meningkatkan efisiensi dari system konsetratorini dilakukan ujikonversi panas receiver yang berisi air dan nano partikel. Receiver yang hanya bersisi air menunjukan kenaikan suhu lebih rendah dibandingkan dengan receiver yang berisi campuran air dan nano partikel. Receiver dengan volume air lebih sedikit dan massa nano parikel lebih banyak menunjukan kelajuan suhu dan tekanan lebih tinggi. Selain itu. Pada bahan nano partikel Fe3O4 kelajuan suhu mencapai 0.07 0C/s. dimana pada suhu 600C terlihat dengan jelas adanya bubbles.

Kata Kunci : reflektor; nanopartikel; konversipanas
Full Text :

Kembali