Fisika
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.3, No.1 (2014)
Judul : FABRIKASI SUPERKAPASITOR SIMETRIK FILM NANO ZnCo2O4/C DAN KARAKTERISTIK DIELEKTRIKNYA
Penulis : APRILITA EKASARI
Markus Diantoro
Abdulloh Fuad
Abstrak :

Sumber energi baru dan terbaharukan serta ramah lingkungan menjadi primadona dalam penelitian dan perkembangan sains seiring sedikitnya sumber energi yang tersedia. Banyak perhatian tertuju pada penyimpanan (storage) energi dan penggunaannya untuk waktu yang tepat serta dalam waktu kurun waktu yang lama. Salah satunyapenggunaan material ZnCo2O4 dan Carbon (C) sebagai elektroda pada pembuatan superkapasitor simetrik.


Pada penelitian ini  untuk memperoleh nanopartikel ZnCo2O4 dilakukan sintesis menggunakan ZnCl2 dan CoCl2.6H2Omenggunakan metode kopresipitasi. Pembuatan komposit ZnCo2O4/C dilakukan untukmenghasilkan film tipis  dengan substrat perak. Selain itu digunakan separator polivinyl alchohol (PVOH) sebagai penyekat dalam superkapasitor simetrik. Dalam penelitian ini didapatkan kapasitansi spesifik tertinggi  0.00108 F/g.


Karakterisasi struktur kristal  menggunakan data difraksi X-Ray (XRD). Scanning Electron Microscope (SEM) digunakan untuk mengetahui morfologi permukaan nanomaterial yang dihasilkan. Ukuran partikel nano ZnCo2O4/C ditentukan dari perhitungan data difraksi X-Ray dengan formula Scherrer dan analisis origin 8. Model struktur kristal awal dibangun berdasarkan refinemen data difraksi X-Ray menggunakan software PCW dan dianalisis menggunakan high score plus. Untuk mengetahui karakterisasi dielektrisitas superkapasitor ZnCo2O4/C dilakukan pengukuran kapasitansi kelistrikan menggunakan LCR meter.

Kata Kunci : Fabrikasi; ZnCo2O4; Karbon Aktif (C); Kopresipitasi; dielektrisitas; Superkapasitor simetrik
Full Text :

Kembali