Fisika
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.3, No.1 (2014)
Judul : Identifikasi Lapisan Bentonit menggunakan Metode Geolistrik di Dusun Tetelan Desa Klepu Kecamatan Sumbermanjing Wetan.
Penulis : AGUS HARI WAHYUDI
Daeng Achmad Suaidi
Burhan Indriawan
Abstrak :

ABSTRAK
Wahyudi Agus Hari 2014. Identifikasi Lapisan Bentonit menggunakan Metode
Geolistrik di  Dusun Tetelan Desa Klepu Kecamatan Sumbermanjing
 Wetan. Skripsi Jurusan Fisika  Fakultas Matematika Dan Ilm Pengetahuan Alam Pembimbing: (I)  Daeng Achmad Suaidi S. Si  M. Kom. (II) Burhan Indrawan M. Si.

Kata kunci : Bentonit Metode Geolistrik Res2dinv Surfer 10 GPS XRF

Bentonit merupakan batuan yang memiliki manfaat yang banyak dalam berbagai bidang industri. Ada banyak tempat di Indonesia yang mempuyai cadangan bentont. Salah satunya adalah di Dusun Tetelan Desa Klepu Kecamatan Sumbermanjing Wetan disini ditemukan adanya singkapan batuan yang diduga merupakan bentonit. Dari hasil XRF (X-ray Fluorescence) yang telah dilakukan terhadap batuan tersebut didapatkan komposisi kimia apa saja yang terkandung dalamnya. Komoposisi batuan tersebut antara lain 15 % Al 41.7 % Si 17 % K 742 % Ca 159 % Ti 30.5 % Fe and 1.25 % Ni. Sehingga dari hasil studi penagamatan cirri-ciri fisik dan hasil laboratorium dapat dipastikan secara empiris batuan tersebut merupakan  bentonit. Seiring keadaan tersebut maka dilakukan penelitian untuk mencari berapa besar kandungan Bentonit di tempat tersebut.  
Penelitian  dilakukan menggunakan metode geolistrik berlokasi di Dusun Tetelan Desa Klepu Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Lokasi penelitian mempunyai luas sekitar kurang lebih 1 Ha. kemudian membuat 4 lintasan pada lokasi dimana setiap lintasan mempunyai panjang 120 mete untuk lintasan 1 2 dan 4. Dan 50 meter untuk lintasan 3. Dengan menginjeksikan arus kedalam bumi  menggunakan alat geolistrik Oyo type McOhm – El model – 2219d didapatkan data berupa nilai arus (I) Nilai Potensial (V) dan dan resistivitas (R). Dari  data tersebut diolah menggunakan software Res2dinv untuk mendapatkan informasi tentang lapisan bentonit di lokasi penelitian. Kemudian data dari Res2divn dimasukan ke dalam  surfer 10 untuk mendapatkan data luasan dari setiap lintasan.
Dari pengolahan data yang telah dilakukan dapat diketahui secara jelas keberaaan bentonit di Dusun Tetelan Desa Klepu Kecamatan Sumbermanjing Wetan beserta luas dan presentasenya.  hasil pengolahan data yang telah dilakuakan didapatkan hasil sebagai berikut Lintasan 1 memiliki luas 1652 m2 dengan lapisan bentonit sebesar 201.13 m2 dan persentase sebesar 12.1 % Lintasan 2 memiliki luas 1699.3 m2 dengan lapisan bentonit sebesar 120.68 m2 dan persentase sebesar 7 % Lintasan 3 memiliki luas 243.9 m2 dengan lapisan bentonit sebesar 85.34 m2 dan persentase sebesar 34 % Lintasan 4 memiliki luas 1699.3 m2 dengan lapisan bentonit sebesar 23.24 m2 dan persentase sebesar 1.4 %

Kata Kunci : Bentonit; Metode Geolistrik; Res2dinv; Surfer 10; GPS; XRF.
Full Text :

Kembali