Fisika
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.2, No.1 (2014)
Judul : SETTING DAN PERAWATAN TELESKOP CELESTRON 2000 DI LABORATORIUM ASTRONOMI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Penulis : NOVIA EKAWANTI
Sutrisno
Nugroho Adi Pramono
Abstrak :

ABSTRAK


Ekawanti Novia. 2014. Setting dan Perawatan Teleskop Celestron 2000 di Laboratorium Astronomi Fisika Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sutrisno M.T. (II) Nugroho Adi P. S.Si. M.Si.


 


Kata Kunci: Setting Perawatan Teleskop Celestron 2000


 


Teleskop merupakan instrumen dalam astronomi yang sangat penting karena dapat memperjelas objek langit. Teleskop Celestron 2000 merupakan salah satu teleskop yang digunakan dalam penelitian astronomi di Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang. Teleskop ini belum pernah dilakukan perawatan dan setting ulang. Kondisi optiknya berdebu dan berjamur serta kinerja teleskopnya memburuk. Teleskop tidak dapat mencari objek langit secara otomatis dan belum dapat mengikuti pergerakan objek langit yang dicarinya. Teleskop Celestron 2000 ini berjenis equatorial mount dimana pergerakannya mengikuti arah pergerakan arah putaran bintang.


Metodologi yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif deskriptif yaitu data yang dikumpulkan berupa gambar setting dan perawatan teleskop serta nilai tegangan keluaran cahaya suatu benda untuk mengetahui perbedaan perlakuan teleskop sebelum dan setelah dilakukan perawatan. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi langsung dan wawancara kepada ahli. Observasi langsung ini dilakukan di Laboratorium Astronomi Universitas Negeri Malang dengan objek penelitiannya yaitu Teleskop Celestron 2000.


Hasil dari analisis menunjukkan bahwa teleskop sudah dapat mencari objek langit secara otomatis serta dapat mengikuti pergerakannya. Yang dahulunya teleskop belum dapat mencari objek secara otomatis dikarenakan setting teleskop yang kurang tepat terutama pada penandaan arah mata angin dan pengaturan kedataran tempatnya. Untuk kondisi optiknya masih tergolong baik karena distribusi cahaya benda yang diamati sebelum dan setelah dilakukan perawatan sama. Hanya saja hal yang perlu dipahami yaitu pengaturan fokus pada pemasangan lensa dan cerminnya. Apabila fokus ini belum tepat cahaya yang dikumpulkan optik tidak sempurna.

Kata Kunci : Setting;Perawatan;Teleskop Celestron 2000
Full Text :

Kembali