Fisika
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.2, No.1 (2014)
Judul : PENGARUH KONSENTRASI ASAM TERHADAPKADAR NIKEL PADA PROSES LEACHING MINERAL GOETHITEDAN KARAKTERISASI SUSEPTIBILITAS MAGNETIKNYA
Penulis : AFIDATUN NAJAH
Abdulloh Fuad
Nandang Mufti
Abstrak :

ABSTRAK


 


Najah Afidatun. 2014. Pengaruh Konsentrasi Asam Terhadap Kadar Nikel padaProses Leaching Mineral Goethitedan Karakterisasi Suseptibilitas Magnetiknya. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. Abdulloh Fuad M.Si (II) Nandang Mufti S Si M.T Phd


Kata kunci: Nikel Sulfuric Acid Leaching Hydrocloric Acid Leaching Suseptibilitas Magnetik


 


Hingga saat ini nikel masih banyak digunakan dalam dunia industri. Mineral goethite merupakan salah satu mineral yang banyak menggandung logamnikel. Nikel bersifat tahan korosi konduktivitas panas dan listriknya tinggi dan magnetik. Umumnya ekstraksi logam nikel dilakukan dengan HCl leaching.


Pada penelitian ini logam nikel dilarutkan  dengan metode Hydrocloric Acid Leaching dan Sulfuric Acid Leaching untuk mendapatkan kadarnikeloptimal. Kemudian logam nikel diendapkan dengan cara titrasi Dimetil Glioksimpada filtrat hasil prosesleachingdan NH4OH.Kemudian dikarakterisasi suseptibilitas magnetiknya.


Hasil uji AAS menunjukkan pelarutan optimal dari HCl leaching pada HCl 55M dengan kadar nikelnya 30729ppm. Sedangkan untuk H2SO4 leaching optimal pada H2SO4 4M dengan kadar nikelnya 10667ppm. Dari hasil XRF pada proses titrasi DMG menunjukkan kadar nikel padaHCl 55M; 7M; dan 85M secara berurutan598%;653%; and 703%. Nilai suseptibilitas magnetik kadar nikel naik dari 5603padaHCl55Msampai415623pada HCl 85M.hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kadar semakin tinggi kadar nikel semakin tinggi suseptibilitas magnetik.

Kata Kunci : Nikel;Sulfuric Acid Leaching;Hydrocloric Acid Leaching;Suseptibilitas Magnetik
Full Text :

Kembali