Fisika
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.2, No.1 (2014)
Judul : SINTESIS DAN KARAKTERISASI TINTA KERING (TONER) BERBASIS PASIR BESI DENGAN METODE POLIMERISASI EMULSI
Penulis : FIRRY MELATI SUKMA
Siti Zulaikah
Nandang Mufti
Abstrak :

ABSTRAK


Sukma Firry Melati. 2014. Sintesis dan Karakterisasi Tinta Kering (Toner) BerbasisPasir Besi Dengan Metode Polimerisasi Emulsi. Skripsi Jurusan FisikaFakultas  Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Siti Zulaikah M.Si (II) Nandang Mufti M.T Ph.D


 


Kata Kunci : Sintesis Toner Polimerisasi Emulsi Magnetit Fe3O4 Dielektrisitas Resistivitas.


Penelitian tentang sintesis toner terus menerus di kembangkan dalam tiga tahun terakhir ini terutama dilakukan di Lab sentral UM. Toner merupakan serbuk kering yang proses sintesisnya dengan menggunakan berbagai macam metode. Peningkatan kualitas toner khususnya bentuk bulir sangat ditentukan oleh metode sintesis yang digunakan. Dengan menggunakan metode polimerisasi emulsi maka akan diperoleh partikel toner dengan ukuran bulir kecil dan bentuk seragam. Pada umumnya mineral besi seperti magnetite Fe3O4 polimer dan karbon sebagai bahan utama pembuatannya.


Toner yang telah terbentuk kemudian dilakukan karakterisasi dengan menggunakan alat SEM-EDS dan XRD untuk mengetahui bentuk ukuran dan struktur fasa yang terbentuk pada toner hasil sintesis yang kemudian dibandingkan dengan hasil sintesis standart toner. Selain itu dilakukan karakterisasi sifat magnetik dan listrik pada toner hasil sintesis dengan melakukan variasi lama penggerusan yakni 30 menit 60 menit dan 90 menit.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin lama penggerusan yang dilakukan pada magnetite Fe3O4 maka menghasilkan penurunan nilai suseptibilitas magnetiknya dan peningkatan terhadap nilai konstanta dielektrik serta resistivitas listrik pada toner hasil sintesis.Ukuran bulir toner hasil sintesis memiliki ukuran rata-rata 6007 µm selain itu bentuk bulir yang dihasilkan masih belum seragam. Toner hasil sintesis memiliki nilai konstanta dielektrik dan nilai resistivitas semakin meningkat dengan bertambahnya lama waktu penggerusan.

Kata Kunci : Sintesis Toner;Polimerisasi Emulsi;Magnetit Fe3O4;Dielektrisitas;Resistivitas
Full Text :

Kembali