Fisika
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.2, No.1 (2014)
Judul : PENGARUH LAMA SONIKASI PADA PEMBUATAN FILM PANI-Ag/Ni TERHADAP KRISTALINITAS DAN KONDUKTIVITASNYA
Penulis : FARADILLA PARASMAYANTI
Markus Diantoro
Nasikhudin
Abstrak :

ABSTRAK


Parasmayanti Faradilla.2014. Pengaruh Lama Sonikasi Film PANI-Ag/Ni terhadap Kristalinitas dan Konduktivitasnya. Skripsi. Program Studi Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Pembimbing: (I) Dr. Markus Diantoro M.Si (II) Nasikhudin S.Pd M.Sc.


kata kunci : Polianilin AgNO3 spin coating Film Tipis PANI-Ag/Ni sonikasi kristalinitaskonduktivitas


Perkembangan polimer konduktif saat ini sangat pesat hal ini ditunjukkan dengan adanya penelitian-penelitian yang setiap tahunnya menghasilkan penemuan-penemuan baru yang potensial dalam aplikasi perkembangan teknologi. Polianilin (PANI) merupakan polimer konduktif yang mempunyai ikatan alternasi ikatan rangkap tunggal atau konjungasi yang tersusun atas pengulangan monomer anilin. Adanya ikatan tersebut memungkinkan terjadinya aliran elektron dalam rantai polimer sehingga polianilin menjadi konduktif. Polianilin (PANI) merupakan salah satu polimer konduktif yang paling intensif diteliti karena kemudahan pada proses sintesis sifat listriknya memiliki kestabilan yang tinggi konduktifitasnya dapat dikontrol melalui doping dan lebih mudah larut dalam pelarut organik. Optimalisasi polianilin dilakukan dengan memberikan doping AgNO3 sebagai bahan dengan konduktivitas yang tinggi. Pemberian variasi lama sonikasi akan memberikan pengaruh terhadap kristalinitas bahan dan konduktivitasnya.


Pembuatan PANI terdiri dari proses pembuatan PANI ES I kemudian dilanjutkan dengan pembuatan PANI EB dengan menambahkan NH4OH. PANI EB ditambahkan dengan CSA menjadi PANI ES II. Setelah PANI ES II berhasil disintesis proses selanjutnya adalah mendopingkan Ag pada PANI dan diberikan perlakuan sonikasi dengan waktu yang bervariasi. Proses pelapisan larutan PANI-Ag pada substart nikel dilakukan dengan menggunakan metode spin coating dinamis. Tahap selanjutnya adalah melakukan karakterisasi Film PANI-Ag/Ni.


Dari hasil FTIR menunjukkan bahwa Polianilin EB dan ES telah berhasil disintesis dengan munculnya puncak-puncak yang sesuai. Hasil XRD juga menunjukkan adanya kenaikkan kristalinitas film sebanding dengan semakin lamanya waktu sonikasi. Begitu pula hasil dari SEM menunjukkan bahwa semakin lama waktu sonikasi maka bahan akan semakin homogen. Uji konduktivitas menggunakan I-V meter pun juga memberikan hasil bahwa semakin lama waktu sonikasi maka film tipis semakin naik konduktivitasnya.

Kata Kunci : Polianilin;AgNO3;spin coating;Film Tipis PANI-Ag/Ni;sonikasi;kristalinitas;konduktivitas
Full Text :

Kembali