Fisika
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.2, No.1 (2014)
Judul : STUDI PERAMBATAN GELOMBANG PADA MEDIA DRUMHEAD YANG BERGETAR
Penulis : WIDYANINGSIH
Arif Hidayat
Hari Wisodo
Abstrak :

ABSTRAK


Widyaningsih. 2014. Studi Perambatan Gelombang Pada Media Drumhead yang Bergetar. Skripsi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si (II) Hari Wisodo S.Pd M.Si.


 


Kata kunci: Perambatan Gelombang Drumhead Bergetar Fungsi Bessel.


 


Drumhead  telah berevolusi bersamaan dengan perkembangan zaman dan telah memberikan peranan penting hampir di setiap budaya musik. Namun tidak banyak diketahui bahwasanya gelombang yang ditimbulkan dari drum yang digetarkan mempunyai pola yang bervariasi. Pola-pola tersebut lah yang menciptakan suara yang nyaring ketika sebuah drum di pukul maupun ditabuh.


Telah dilakukan penelitian yang mengkaji tentang perambatan gelombang pada medium drumhead yang bergetar berdasarkan persamaan gelombang bola. Fenomena fisika pada drumhead yang bergetar dapat secara akurat dimodelkan menggunakan persamaan gelombang 3 dimensi. Untuk menyelesaikan persamaan gelombang 3 dimensi ini dapat divisualisasikan menggunakan program wolfram mathematica 7.


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perambatan gelombang yang terjadi pada media drumhead yang bergetar. Untuk mengetahui gelombang yang terjadi dibutuhkan alat-alat berupa drumhead pasir speaker AFG dan Statip. Syarat terjadinya gelombang adalah dengan dihubungkannya speaker ke AFG untuk mengatur frekuensi. Dalam hal ini jarak antara speaker dengan drumhead harus tetap sehingga nilai yang ditimbulkan akan konstan untuk semua mode. Getaran yang ditimbulkan dari speaker akan berpengaruh terhadap pasir yang diletakkan di atas membrane drumhead dan akan membentuk gelombang. Tahap selanjutnya dilakukan variasi frekuensi untuk mode m=0 dan n= 1 hingga mode-mode seterusnya. Untuk hasil gelombang akan di ambil menggunakan kamera digital.


Hasil yang dicapai adalah didapatkannya mode-mode gelombang. Untuk mode gelombang (01) di dapat pada frekuensi 82 Hz dimana m=0 menunjukkan tidak adanya simpul radial dan n=1 menunjukkan adanya 1 simpul lingkaran yakni membentuk 1 puncak gelombang dengan tidak adanya diameter node.


Untuk mode (12) di dapat pada frekuensi 230 Hz dimana m= 1 menunjukkan adanya satu simpul radial atau diameter node dan n=2 menunjukkan adanya simpul lingkaran dan seterusnya untuk mode-mode berikutnya.


 

Kata Kunci : Perambatan Gelombang;Drumhead Bergetar;Fungsi Bessel
Full Text :

Kembali