Fisika
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.2, No.1 (2014)
Judul : APLIKASI METODE GEOMAGNET UNTUK MENGIDENTIFIKASI MINERAL KROMIT DI DESA SUKOREJO KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG
Penulis : ONISAN AQIL PERDANA
Daeng Achmad Suaidi
Sujito
Abstrak :

ABSTRAK


 


 


Aqil Perdana Onisan. 2013. Aplikasi Metode Geomagnet Untuk Mengidentifikasi Mineral kromit di Desa Sukorejo Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung.Skripsi. Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri malang. Pembimbing: (1)Daeng Achmad Suaidi S.Si M.Kom (2) Sujito S.Pd M.Si


 


Kata Kunci : Geomagnet Batuan Kromit jenis Proton Procession magnetometer (PPM)


 


            Batuan sebagai sumber mineral yang berharga merupakan sumber daya alam yang banyak dibutuhkan dan digunakan untuk kehidupan manusia. Batuan kromit merupakan salah satu sumber mineral yang ada di Desa Sukorejo Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung.Akan tetapi pemerintah masih belum memiliki informasi secara detail mengenai potensi deposit sumber daya mineral yang dimiliki.Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi sebaran batuan kromit yang terkandung di bawahdaerah tersebut.


            Penelitian ini dilakukan menggunakan magnetometer jenis Proton Procession magnetometer (PPM).Titik medan magnet bumi yang di ukur setiap titik 5 kali dengan jarak antar titik 5 meter. Proses pengolahan data dengan software microsoft excelsoftwareSurfer 11 software MagPick dan software Mag2DC.


Penentuan daerah medan magnet yang diprediksi terdapat batuan kromit didapat dari data yang sebelumnya telah dilakukan reduksi ke kutub untuk menentukan anomali medan magnetik. Dari penelitian yang dilakukan ditemukan potensi batuan yang mengandung kromit dengan nilai medan magnet lokal sekitar 800nT dalam interpretasi Mag2DC untuk batuan kromit memiliki nilai 01083 dan 01184.

Kata Kunci : Geomagnet;Batuan Kromit;jenis Proton Procession magnetometer (PPM)
Full Text :

Kembali