Fisika
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.2, No.1 (2014)
Judul : SINTESIS DAN KARAKTERISASI CARBON ENCAPSULATED NANO PARTIKEL Fe3O4 DENGAN METODE HYDROTHERMAL SEBAGAI ABSORBENPEWARNA TEKSTIL RODHAMIN B
Penulis : LIA PUTRI TRISNAWATI
Nandang Mufti
Siti Zulaikah
Abstrak :

ABSTRAK


 


 


Trisnawati Lia Putri.2013.Sintesisdan Karakterisasi Carbon Encapsulated Nano Partikel Fe3O4dengan Metode Hydrothermal Sebagai AbsorbenLimbah Pewarna Tekstil. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1)Nandang Mufti S.Si M.T Ph.D (2) Dr. Siti Zulaikah M.Si.


 


Kata kunci :nanopartikel  kopresipitasi pembungkusan karbonabsorben


 


Ketersedian air bersih di Indonesia telah menjadi permasalahan sejak lama terutama di kota-kota besar. Pasokan air bersih layak konsumsi dari hari ke hari kian mahal mengingat biaya operasional penyulingan air semakin tinggi. Sumber air di perkotaan di Indonesia umumnya berasal dari air sungai. Produk-produk limbah industri seperti pewarna tekstil dapat menyebabkan masalah lingkungan seperti perusakan keseimbangan ekologi dalam lingkungan perairan yang membahayakan ikan dan organisme air lainnya. Sampah dan limbah memiliki komposisi yang kompleks  toksisitas dan bau terkait dengan pewarna.Teknologi pengolahan limbah cair masih terus berkembang termasuk juga pengembangan bahan yang mampu untuk menyerap unsur unsur kontaminan di dalam sistem larutan limbah cair. Salah satu teknologi yang biasa digunakan dalam  pengolahan air limbah adalah karbon aktif yang sampai saat ini telah menjadi adsorben. Namun aplikasi karbon aktif dibatasi oleh pemisahan karbon dari air yang sulit. Oleh sebab itu diperlukan teknologi yang efisien dan murah dalam pengolahan air agar ketersediaan air bersih cukup bagi penduduk sangat diperlukan.Bahan komposit magnet oksida besi dengan pelapisan karbon berpotensi untuk digunakan sebagai penyerap kontaminan dalam limbah pewarna tekstil. Dengan memanfaatkan sifat magnetik dari nano Fe3O4berlapis karbon pengolahan limbah menjadi lebih praktis. Pertama dalam segi pemisahanion logam berat kemudian karbon yang bisa meningkatkan daya serap dan menjaga ketabilan dari Fe3O4. Nanopartikel Fe3O4 lebih efisien karena memiliki luasan yang besar lebih sehingga mempercepat penyerapan.


Nanopartikel Fe3O4 dibuat menggunakan metode kopresipitasi dengan HCl sebagai pelarut Fe dan NH4OH sebagai pengendap Fe dalam pasir besi. Pembungkusan nanopartikel Fe3O4 dengan karbon telah berhasil dibuat dengan metode hydrothermaldengan sumber karbon yaitu glukosa 1 molar.


Nanopartikel Fe3O4 telah berhasil dibuat dengan metode kopresipitasi dengan ukuran 995 nm dihitung dari hasil analisa XRD. Pembungkusan nanopartikel Fe3O4 diperoleh ukuran 1005 nm. Dengan meggunakan alat UV Vis spectrofotometer ketiga absorben yaitu nanopartikel Fe3O4 Fe3O4@C dan karbon aktif diuji efisiensi penyerapan dengan menggunakan pewarna tekstil Rodhamin B sebesar 1 ppm dan diperoleh hasil 69% 88% dan70% menyerap pewarna tekstil Rodhamin B. Nanopartikel Fe3O4@C memiliki efisensi yang lebih tinggi dibanding dengan nanopartikel Fe3O4 dan karbon aktif.




 

Kata Kunci : nanopartikel;kopresipitasi;pembungkusan karbon;absorben
Full Text :

Kembali