Fisika
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.2, No.1 (2014)
Judul : PENGUKURAN MAGNITUDO SEMU PLANET VENUS FASE QUARTER MENGGUNAKAN SOFTWARE IRIS VERSI 5.59 DI LABORATORIUM ASTRONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG PADA BULAN APRIL 2014
Penulis : CICIK CANGGIH DWI TYONILA
Sutrisno
Nugroho Adi Pramono
Abstrak :

ABSTRAK


 


Tyonila Cicik D.T. 2014. Pengukuran Magnitudo Semu Planet Venus Fase Quarter Menggunakan Software Iris Versi 5.59 Di Laboratorium Astronomi Universitas Negeri Malang Pada Bulan April 2014.


Pembimbing: (I) Drs. Sutrisno M.T (II) Nugroho Adi P. S.Si M. Si


 


Kata Kunci: Magnitudo Semu Planet Venus.


 


Matahari bersinar karena sumber cahaya yang ada dalam matahari itu sendiri karena itu matahari tergolong bintang. Sedangkan Planet tidak memiliki sumber cahaya sendiri namun hanya memantulkan cahaya yang diterimanya dari bintang. Kecerlangan dari benda langit yang tampak di bumi disebut magnitudo semu. Sistem magnitudo digunakan astronom untuk mengukur kecerlangan sebuah objek relatif terhadap sebuah objek standart.


Maksud penelitian ini adalah menghitung magnitudo semu dari Planet Venus. Dengan objek standar berupa Bintang Vega. Planet Venus merupakan planet tercerah yang terlihat di bumi dan memiliki banyak fase yang mirip dengan Bulan. Pada pengamatan kali ini dilakukan saat Planet Venus berada di fase quarter.


Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif yaitu dengan mengambil sejumlah gambar planet Venus pengambilan gambar dilakukan di Laboratorium Astronomi Universitas Negeri Malang menggunakan teleskop celestron 2000 kemudian data diolah menggunakan software IRIS.


Hasil dari analisis menggunakan software IRIS menunjukkan bahwa nilai dari magnitudo semu planet Venus pada tanggal 16 April 2014 adalah (-409 ± 035). Dengan ralat pengukuran sebesar  262 %. Sedangkan di program Cybersky diperoleh nilai -42 jadi nilai dari hasil penelitian sudah sesuai.


 


             

Kata Kunci : Magnitudo Semu;Planet Venus
Full Text :

Kembali