Fisika
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.2, No.1 (2014)
Judul : IDENTIFIKASI REMBESAN POLUTAN SAMPAH MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS KONFIGURASI DIPOLE-DIPOLE DI SEKITAR TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) SAMPAH DESA TLEKUNG KOTA BATU
Penulis : LAILI NOOR OKVITASARI
Sujito
Daeng Achmad Suaidi
Abstrak :

Okvitasari Laili Noor. 2014. IdentifikasiRembesan Polutan Sampah Menggunakan Metode Geolistrik Resistivitas Konfigurasi Dipole Dipole Di Sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Desa Tlekung Kota Batu. Skripsi. Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sujito S.Pd. M.Si. (II) Daeng Achmad Suaidi S.Si. M.Kom.


 


Kata Kunci: Lindi Geolistrik Dipole-DipoleRes2Dinv Surfer 9


 


Tersedianya air permukaan dan air tanah mempunyai peranan yang penting sebagai sumber daya untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi berlangsungnya hidup manusia. Air bawah tanah menjadi sumber alternatif untuk berbagai keperluan seperti untuk perkotaan industri irigasi jasa dan sebagainya. Karena menipisnya lahan pemukiman semakin banyak penduduk di kota yang tinggal di daerah sekitar  TPA. Mereka memanfaatkan air sumur sebagai sumber air minum karena tidak terjangkau oleh pelayanan yang disediakan Pemerintah. Namun sumur di sekitar TPA cenderung keruh atau tercemar. Lindi dari TPA sebagai bahan pencemar mengganggu kesehatan manusia dan mencemari lingkungan serta biota perairan. Hal ini karena dalam lindi terdapat berbagai senyawa kimia organik anorganik dan sejumlah patogen. Selain itu lindi mengandung amoniak timbal dan mikroba parasit seperti kutu air (sarcoptes sp) yang menyebabkan gatal air.


Tujuanpenelitianiniadalahmengetahui letak akumulasi rembesan pola rembesan polutan cair (lindi) dan luasan area yang tercemar lindi di sekitar TPA Tlekung.Metode yang digunakan adalah metode penelitian lapangan menggunakanmetode geolistrik resistivitas konfigurasi dipole dipole.Pertama yang dilakukan adalah survei awal lokasi agar didapat lokasi penelitian yang tepat. Kemudian pengambilan data dengan 5 lintasan di sekitar TPA Tlekung menggunakan Resistivitymeter.Data yang diperolehkemudiandiolahdenganmenggunakansoftware Res2dinv.Data yang diperoleh digunakan untuk menginterpretasikan hasil berdasarkan resistivitas batuan sehingga diketahui letak akumulasi dan pola sebaran lindi. Software Surfer 9.0digunakanuntukmenghitung pendugaan luasan area yang tercemar lindi.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola sebaran lindi tampak secara vertikal. Lindi menyebar ke arah timur yaitu ke arah pemukiman penduduk terdekat. Hasil perhitungan menunjukkan luasan area yang tercemar lindi di wilayah tersebut sebesar 11436061 m2 atau 9356% dari total luasan yang diteliti.


 


 


 

Kata Kunci : Lindi Geolistrik; Dipole-Dipole; Res2Dinv; Surfer 9
Full Text :

Kembali