Fisika
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.2, No.1 (2014)
Judul : DISTRIBUSI HIPOSENTER GEMPA VULKANIK GUNUNG SEMERU LUMAJANG JAWA TIMUR
Penulis : KADEK DEWI ADISTYA ADISTYAWATI PUTRI SUDANA
Daeng Achmad Suaidi
Sujito
Abstrak :

ABSTRAK


 


Adistya Kadek Dewi. 2013. Pemetaan Hiposentrum dan Episentrum Aktivitas Gempa Vulkanik Menggunakan Metode Seismik di Gunung Semeru Lumajang Jawa Timur. Proposal Skripsi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Daeng Achmad Suaidi S.Si M.Kom (II) Sujito S.Pd M.Si dan (III) Hetty Triastuty.


 


Kata Kunci :Gempa Vulkanik Aktivitas Gunung Semeru Hiposentrum Episentrum


 


Aktivitas Gunung Semeru terdapat di kawah Jonggring Seloko yang terletak di tenggara Puncak Mahameru. Letusan Gunung Semeru umumnya bertipe Vulkanian dan Trombolin. Aktivitas yang terekam pada stasiun pemantauan adalah gempa bumi Vulkanik terjadi akibat adanya aktivitas magma atau fluida. Dengan mengetahui kondisi aktivitas gunungapi untuk memberi peringatan dini kepada masyarakat.


            Penentuan lokasi  sumber gempa vulkanik baik dangkal (VB) dan Gempa Vulkanik Dalam (VA) dilakukan dengan menggunakan software GAD  (Nissin2005). Perubahan lokasi dan kedalaman gempa dapat mengindikasikan adanya perubahan sistem dalam tubuh Gunung Semeru yang dapat menentukan status aktivitas Gunung Semeru.


            Selama periode Januari-Desember 2013 diperoleh gempa bersumber di sekitar Gunung Semeru dengan kedalaman 2510 m dari bawah puncak. Serta beberapa gempa tersebar di bagian timur dan tenggara. Selama periode ini teramati adanya pendangkalan gempa Vulkanik yang mengindikasikan adanya pengaruh Fluida kedalaman yang lebih dangkal. Secara umum pendangkalan gempa Vulkanik tidak memicu perubahan signifikan dari aktivitas Vulkanik Gunung Semeru

Kata Kunci : Gempa Vulkanik; Aktivitas Gunung Semeru; Hiposentrum; Episentrum
Full Text :

Kembali