Fisika
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.2, No.1 (2014)
Judul : PEMANFAATAN TELESKOP SPEKTOGRAF ATMOSFER UNTUK MENGE-TAHUI PENGARUH PERUBAHAN MUSIM TERHADAP KANDUNGAN UAP AIR (H2O) PADA LAPISAN ATMOSFER DI LAPAN WATUKOSEK PERIODE FEBRUARI 2013-MARET 2014
Penulis : GITA ISWANTARI
Bambang Setiahadi P.
Sutrisno
Abstrak :

ABSTRAK


Iswantari Gita. 2014. Pemanfaatan Teleskop Spektograf Atmosfer untuk Mengetahui Pengaruh Perubahan Musim Terhadap Kandungan Uap Air  (H2O) pada Lapisan Atmosfer di LAPAN Watukosek Periode Februari 2013-Maret 2014. Skripsi Program Studi Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. Bambang Setiahadi P. B. Sc M.Sc D.Sc (II)Drs. Sutrisno M.T


Kata Kunci : atmosfer uap air kelembaban musim spektograf atmosfer.


Atmosfer merupakan lapisan gas yang melingkupi sebuah planet termasuk bumi dari permukaan planet tersebut sampai jauh di luar angkasa. Di Bumi atmosfer terdapat pada ketinggian 0 km di atas permukaan tanah hingga ketinggian sekitar 560 km dari atas permukaan bumi. Atmosfer tersusun atas beberapa lapisan yang dinamai menurut fenomena yang terjadi pada lapisan tersebut. Transisi antara lapisan yang satu dengan yang lain berlangsung bertahap.


Atmosfer bumi terdiri atas nitrogen (7817%) dan oksigen (2097%) dengan sedikit argon (09%) karbondioksida (variabel tetapi sekitar 00357%) uap air dan gas lainnya.


Pada umumnya pembagian musim dalam satu tahun dibedakan menjadi empat macam musim yaitu musim panas musim gugur musim semi dan musim dingin. Namun tidak seperti yang terjadi di Indonesia yang hanya memiliki dua macam musim yaitu musim hujan dan musim kemarau hal ini disebabkan karena Indonesia terletak pada daerah tropis.


 


Pada penelitian ini peneliti ingin mengetahui kandungan uap air pada lapisan atmosfer menggunakan alat yang disebut teleskop spektograf atmosfer. Prinsip kerja teleskop spektograf atmosfer yaitu intensitas sinar matahari sebagai sumber cahaya. Disini peneliti ingin membuktikan apakah perubahan musim berpengaruh terhadap kandungan uap air di Atmosfer.

Kata Kunci : atmosfer; uap air; kelembaban; musim; spektograf atmosfer
Full Text :

Kembali