Fisika
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.2, No.1 (2014)
Judul : IDENTIFIKASI BATUAN YANG MENGANDUNG MINERAL ZEOLIT SEBAGAI ABSORBEN LOGAM BERDASARKAN SIFAT FISIKA BATUAN DI DESA KEDUNGBANTENG KECAMATAN SUMBERMANJING WETAN KABUPATEN MALANG
Penulis : AYU ZAHROTUL WAHIDAH WINARNI
Siti Zulaikah
Abdulloh Fuad
Abstrak :

ABSTRAK


 


Winarni Ayu Zahrotul Wahidah. 2014. Identifikasi Batuan yang Mengandung Mineral Zeolit Sebagai Absorben Logam Berat Berdasarkan Sifat Fisika Batuan di Desa Kedung Banteng Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang. Skripsi. JurusanFisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Siti Zulaikah M.Si. (II) Drs. Abdulloh Fuad M.Si.


 


Kata Kunci :Mineral Zeolit Suseptibilitas Magnetik XRF XRD SEM-EDS Absorben Uv-vis


 


            Zeolite merupakan kelompok mineral jenis bahan galian non logam atau mineral industri multi guna seperti sebagai penyerap penukar ion penyaring molekul dan katalisator. Desa Kedung Banteng kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang telah ditemukan mineral zeolit yang melimpah sebesar 35 juta m3 dengan luas wilayah 127 ha dan produksinya mencapai 11.125 ton. Seiring dengan keadaan tersebut maka dilakukan penelitian untuk mengetahui letak lapisan batuan yang mengandung mineral zeolit dan seberapa besar tingkat penyerapan yang dimiliki mineral zeolit di tempat tersebut jika digunakan sebagai penyerap (absrobsi).


            Data yang diperoleh pada penelitian ini merupakan data suseptibilitas magnetik batuan pada setiap lapisan dalam 3 kolom dengan rentang nilai antara13 x 10-8 m3/kg-666 10-8 m3/kg. Selain itu data diperoleh dari uji XRF untuk mengetahui komposisi unsur pada batuan tersebut unsur Si mendominasi terbentuknya batuan tersebut dengan presentar nilai 55 %. Selanjutnya sampel diuji SEM-EDS untuk mengetahui morfologi dan senyawa dari data morfologi ditunjukkan warna terang dan gelap pada permukan sampel. Dari hasil EDS menunjukkan distribusi senyawa Si paling banyak sebesar 3150 % selain senyawa O dan senyawa-senyawa yang lain sebagai pengotor. Jenis mineral zeolit yang terdapat di desa Kedung Banteng kabupaten Malang ini berjenis mordenite berdasarkan uji XRD yang telah dilakukan.


            Hasil dari data-data tersebut kemudian dapat pastikan letak lapisan dari batuan yang mengandung mineral zeolit. Terdapat dapat pada lapisan pertama pada daerah penelitian dengan mineral zeolit yang berjenis mordenite. Dan mineral zeolit ini dapat digunakan sebagai penyerap (absrorben) logam berat yang terdapatpada air tanah daya serapnya mencapai 100% berdasarkan uji UV-Vis dalam waktu 3 minggu.   

Kata Kunci : Zeolite Minerals; Magnetic susceptibility; XRF; XRD; SEM-EDS; absorbent; Uv-Vis
Full Text :

Kembali