Pendidikan Fisika
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.1 (2015)
Judul : Pengembangan Bahan Ajar Berbasis 3D ebook sebagai Buku Penunjang Siswa SMP/ MTs Materi Fisika Listrik Dinamis
Penulis : ARI SAFITRI DANI SUKMA
Sulur
Widjianto
Abstrak :

Sukma Ari Safitri Dani. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis 3D ebook sebagai Buku Penunjang Siswa SMP/ MTs Materi Fisika Listrik Dinamis. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sulur S.Pd M.Si M.T.D (II) Drs. Widjianto M.Kom


            Mata Pelajaran IPA di SMP/ MTs memiliki tujuan agar siswa mempunyai kemampuan pada tiga aspek yaitu aspek afektif aspek kognitif dan aspek psikomotor yang tersirat dalam Permendikbud 22 tahun 2006. Namun faktanya tujuan mata pelajaran IPA pada aspek kognitif masih belum tercapai. Salah satu indikasinya  adalah nilai rata-rata Ujian Nasional SMP Nasional tahun ajaran 2012/ 2013 pada mata pelajaran IPA hanya sebesar 599. Khusus nilai rata-rata SKL UN IPA siswa SMP nasional pada kemampuan memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapan dalam kehidupan sehari-hari hanya sebesar 5765. Nilai-nilai tersebut termasuk dalam klasifikasi C (cukup).

            Salah satu faktor penyebab belum tercapainya tujuan mata pelajaran IPA pada aspek kognitif adalah faktor bahan ajar yang digunakan belum kontekstual. Oleh karena itu dilakukan penelitian dan pengembangan bahan ajar berbasis 3D ebook sebagai buku penunjang siswa SMP/ MTs materi fisika listrik dinamis. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berbasis 3D ebook sebagai buku penunjang siswa SMP/MTs materi fisika listrik dinamis. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi tiga tahap yaitu studi pendahuluan pengembangan produk dan uji produk. Uji produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media serta siswa MTs Negeri Lawang sebagai subjek uji coba keterbacaan produk.

            Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk bahan ajar 3D ebook fisika listrik dinamis yang valid/ layak. Dengan kelayakan materi sebesar 944 % dan kelayakan konstruk produk sebesar 885 %. Serta baik digunakan untuk siswa SMP/ MTs karena berdasarkan uji coba penggunaan oleh siswa SMP/MTs Negeri Lawang  994 % siswa mengatakan mudah menggunakan bahan ajar 3D ebook ini. Berdasakan hasil penelitian dan pengembangan tersebut maka dapat disarankan; 1) bahan ajar 3D ebook ini dapat digunakan sebagai buku penunjang siswa SMP/MTs untuk belajar mandiri 2) bahan ajar ini dapat dikembangkan dengan materi yang bervariasi serta 3) dapat disebar luaskan melalui jaringan internet (web) dan diunduh secara gratis.

Kata Kunci : Pengembangan Bahan Ajar; 3D ebook; Buku Penunjang
Full Text :

Kembali