Pendidikan Fisika
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.3, No.1 (2014)
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X-Keperawatan SMK Kesehatan BIM Probolinggo
Penulis : ELIES SEPTIANA SARI
Asim
Yudyanto
Abstrak :

Berdasarkan hasil observasi aktivitas dan prestasi belajar siswa ± 5882% berada dibawah standar. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan 3824% siswa pada mata pelajaran fisika belum memperoleh nilai KKM yang telah ditentukan sekolah yaitu 75. Salah satu upaya untuk memecahkan  permasalahan tersebut diterapkan suatu pembelajaran konstruktivisme yaitu pembelajaran model Learning Cycle 5E.


Jenis penelitian adalah Tindakan Kelas. Penelitian berlangsung dalam dua siklus. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E bagaimana model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan catatan lapangan lembar observasi dan tes. Analisis data dalam penelitian ini besifat kualitatif (berupa kata atau kalimat) dan kuantitatif (berupa angka).


Kesimpulan dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 870% peningkatan aktivitas siswa pada aspek afektif sebesar 1834% sedangkan untuk aspek psikomotor sebesar 1653% dan peningkatan pada prestasi belajar siswa sebesar 2258%.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Learning Cycle 5E;Aktivitas Siswa;prestasi belajar
Full Text :

Kembali