Ilmu Hayati
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.1 (2015)
Judul : PENGARUH PENAMBAHAN WHEY KEJU DAN WHEY TAHU PADA MEDIA BIAKAN MURNI TERHADAP PERTUMBUHAN KOLONI JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus (Jacq.) P. Kumm.)
Penulis : MAYANGSARI
Utami Sri Hastuti
Agung Witjoro
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) meneliti pengaruh penambahan whey keju dan whey tahu yang ditambahkan pada media biakan murni dalam mempercepat pertumbuhan koloni jamur tiram putih dibandingkan medium KDA dan 2) menentukan macam whey yang lebih mampu mempercepat pertumbuhan koloni jamur tiram putih. Rancangan penelitian ini ialah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan perlakuan macam whey yaitu whey keju dan whey tahu dalam sepuluh kali ulangan sebagai kontrol digunakan medium Kentang Dextrose Agar (KDA). Pengukuran diameter koloni dilakukan pada hari ke-4 dan hari ke-7 setelah inokulasi. Kecepatan pertumbuhan koloni diukur dengan cara menghitung selisih diameter akhir dengan diameter awal kemudian dibagi rentang hari. Data kecepatan pertumbuhan koloni dianalisis dengan menggunakan Analisis Varians Tunggal dan dilanjutkan dengan uji BNT 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh penggunaan whey keju dan whey tahu dalam mempercepat pertumbuhan jamur tiram putih dibandingkan medium KDA dan 2) penambahan whey keju maupun whey tahu ternyata mampu mempercepat pertumbuhan koloni jamur tiram putih tetapi tidak berbeda secara signifikan. Kedua macam whey memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan dengan medium KDA dalam mempercepat pertumbuhan koloni jamur tiram putih.

Kata Kunci : whey keju whey tahu media pertumbuhan biakan murni jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus (Jacq.) P. Kumm.)
Full Text :

Kembali