Pendidikan Hayati
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.1 (2015)
Judul : PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI JAMUR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA KELAS X SMA BRAWIJAYA SMART SCHOOL MALANG
Penulis : TITIS HENYKARTIKASARI
Sri Endah Indriwati
Sitoresmi Prabaningtyas
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahan Ajar berupa handout dan Lembar Kegiatan Siswa pada materi Jamur (2) mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan validasi (3) mengetahui kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan hasil uji coba terbatas. dan (4) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan hasil uji coba terbatas. Penelitian ini menggunakan pengembangan Plomp (2007) yang dimodifikasi sesuai kebutuhan. Terdapat 3 langkah pokok dalam pengembangan Plomp yaitu (1) Preliminary research (2) Prototyping stage (3) Assessment phase. Instrumen penelitian ini ada tiga uji yang terdiri dari (1) Uji kelayakan (2) Uji Kepraktisan dan (3) Uji Keefektifan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran memiliki persentase kelayakan sebesar 9835% persentase kepraktisan sebesar 985% dan persentase keefektifan sebesar 89%. Perangkat pembelajaran dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dan mampu meningkatkan kompetensi siswa karena dapat mengakomodasi kompetensi spiritual sosial pengetahuan dan keterampilan.

Kata Kunci : Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Jamur Kompetensi Siswa
Full Text :

Kembali