Pendidikan Hayati
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.1 (2016)
Judul : PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) UNTUK SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI SISTEM EKSKRESI
Penulis : NURUL IKA NOVIYANTI
Susriyati Mahanal
Nuning Wulandari
Abstrak :

Penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa modul
Pembelajaran Biologi pada materi Sistem Ekskresi berbasis RQA yang disesuaikan
dengan kurikulum 2013 dan kebutuhan siswa SMA / MA kelas XI yang tervalidasi.
Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model 4-D (Define Design
Develop and Disseminate) oleh Thiagarajan dkk. (1974) tetapi pengembangan
modul ini hanya sampai tahap 3-D. Hasil validasi modul ini oleh validator ahli
materi menunjukkan rata-rata sebesar 377. Hasil validasi oleh ahli pengembangan
modul menunujukkan rata-rata sebesar 383 dan praktisi lapangan sebesar 358.
Rerata hasil uji kepraktisan terhadap siswa kelas XI di SMA Laboratorium UM
menunjukkan persentase sebesar 885% dengan kriteria sangat praktis dan hasil
pre eksperimen modul sebesar 8337% dengan kriteria efektif. Berdasarkan hasil
pengembangan modul sistem ekskresi berbasis RQA memiliki kriteria sangat valid
sehingga baik untuk digunakan.

Kata Kunci : pengembangan modul pembelajaran biologi sistem ekskesiRQA penelitian dan pengembangan.
Full Text :

Kembali