Pendidikan Hayati
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.1 (2016)
Judul : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMAS ERIC PADA JENIS KELAMIN BERBEDA TERHADAP KETERAMPILAN metaKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA BIOLOGI DI SMAN 6 MALANG
Penulis : YULI BRASILITA
Siti Zubaidah
Murni Sapta Sari
Abstrak :

ABSTRAK: tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
model pembelajaran SIMAS ERIC (Skimming Mindmapping
Questioning Exploring Answering and Writting) pada jenis kelamin
berbeda terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif
siswa Biologi di SMAN 6 MALANG. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian eksperimen semu dengan desain non-equivalent pretest posttest
control group. Sampel yang digunakan ialah siswa kelas XI MIA 1 dan
XI MIA 2 di SMAN 6 MALANG. Data dikumpulkan melalui hasil
observasi keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa.
Analisis data menggunakan teknik ANAKOVA yang menunjukkan hasil
model pembelajaran SIMAS ERIC pada jenis kelamin berbeda
berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar
kognitif siswa Biologi di SMAN 6 MALANG. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa model pembelajaran berpengaruh terhadap
keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif jenis kelamin tidak
berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar
kognitif serta interaksi antara model pembelajaran dan jenis kelamin
3)
tidak berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar
kognitif.

Kata Kunci : keterampilan metakognitif hasil belajar kognitif SIMAS ERIC jenis kelamin
Full Text :

Kembali