Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.2 (2012)
Judul : PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA DAN SEGI EMPAT KELAS VII-B SMP NEGERI 2 KEPANJEN
Penulis : DYAH AYU PRAMODA WARDHANI
SRI MULYATI
Abstrak :

ABSTRAK: Hasil observasi yang dilakukan peneliti pada tanggal 5 Pebruari 2013 di kelas VII-B SMP Negeri 2 Kepanjen menunjukkan bahwa siswa kurang aktif selama kegiatan pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan guru lebih sering menggunakan pembelajaran dengan metode ceramah. Pada pembelajaran tersebut guru lebih sering menjelaskan suatu materi kemudian memberi contoh soal dan siswa diminta untuk mengerjakan soal-soal yang ada di lembar kerja siswa sehingga peran guru lebih dominan daripada peran siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif dengan metode guided discovery yang dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Keaktifan belajar siswa pada penelitian ini meliputi kegiatan siswa dalam melakukan percobaan membuat konstruksi membuat kesimpulan dan menanggapi. Keaktifan belajar siswa pada penelitian ini dilihat dari lembar observasi keaktifan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Kepanjen yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keaktifan belajar siswa pada siklus 1 sebanyak 625% pada pertemuan pertama dan 675% pada pertemuan kedua. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus 2 persentase keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 762% pada pertemuan pertama dan 857% pada pertemuan kedua.

Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif metode guided discovery keaktifan belajar siswa segitiga dan segiempat
Full Text :

Kembali