Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.3 (2012)
Judul : UPAYA PERBAIKAN KESALAHAN SISWA MENYEDERHANAKAN OPERASI BENTUK ALJABAR DENGAN PEMBELAJARAN KONTEKTUAL
Penulis : YUSUF OCTAVIANO FRANDIANZAH M.
SLAMET
Abstrak :

ABSTRAK: Hasil observasi yang dilakukan peneliti pada tanggal 5 Pebruari 2013 di kelas VII-B menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang belum memenuhi nilai ketuntasan materi aljabar. Aljabar merupakan materi yang baru dipelajari pada kelas VII. Materi aljabar yang dipelajari merupakan dasar untuk pembelajaran aljabar ditingkat selanjutnya khususnya operasi bentuk aljabar.Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kesalahan siswa kelas VII-B dalam menyederhanakan masalah operasi bentuk aljabar dengan pembelajaran kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan dengan memberikan soal mengenai operasi bentuk aljabar.Hasil diagnosis digunakan sebagai dasar penyusunan perangkat pembelajaran dengan pembelajaran kontekstual.Beberapa penyebab siswa kesulitan menyederhanakan operasi bentuk aljbabar antara lain (1) siswa bingung dalam membedakan variabel koefisien dan konstanta (2) siswa bingung dalam membedakan antara suku-suku yang sejenis dengan suku-suku tak sejenis. Pembelajaran materi operasi bentuk aljabar dapat dilakukan dengan pembelajaran kontekstual. Pembelajaran kontekstual pengenalan variabel koefisien dan konstanta dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan luas dan keliling dari suatu bangun persegi panjang. Pembelajaran kontekstual untuk membedakan suku-suku sejenis dengan suku-suku tak sejenis menggunakan jumlah siswa laki-laki dan perempuan suatu sekolah. Pembelajaran kontektual untuk penyederhanaan operasi bentuk aljabar menggunakan pendekatan luas persegi panjang dan volum dari kubus.

Kata Kunci : aljabar kesalahan dan pembelajaran kontekstual.
Full Text :

Kembali